IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM PENGENALAN ALAT GYM BAGI PEMULA DI POINT WORKOUT SPACE

Syafiq, Thoha Putra (2024) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM PENGENALAN ALAT GYM BAGI PEMULA DI POINT WORKOUT SPACE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (727kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3589.zip
Restricted to Repository staff only

Download (189MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

Teknologi Augmented Reality (AR) telah banyak digunakan untuk membantu kegiatan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang kebugaran dan kesehatan. Penggunaan teknologi AR dapat memberikan pengalaman baru yang lebih interaktif bagi pengguna. Hasil observasi terhadap Point Workout Space gym menunjukkan bahwa pemula sering kali mengalami kesulitan saat memulai latihan di gym. Kesulitan ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang dapat membantu pemula dalam memahami cara penggunaan berbagai alat gym yang tersedia. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi AR berbasis Android yang dirancang khusus untuk membantu pemula dalam memperkenalkan alat-alat gym. Aplikasi AR yang dirancang menerapkan metode Marker Based Tracking, dimana aplikasi dapat menampilkan objek AR ketika marker berhasil dideteksi oleh kamera. Alat gym yang diperkenalkan dalam aplikasi ini terbatas pada alat dengan kategori Machine Weight, karena alat-alat tersebut lebih cocok digunakan oleh pemula. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam pengembangan aplikasi. MDLC terdiri dari beberapa tahapan, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi AR ini terbukti dapat membantu pemula dalam memahami cara penggunaan alat gym di Point Workout Space. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengujian beta yang menunjukkan nilai sangat baik dengan persentase sebesar 90,3%. Salah satu fitur dalam aplikasi ini berupa video dan audio penjelasan yang disampaikan dengan jelas, informatif, dan interaktif memungkinkan pengguna untuk meningkatkan minat serta kepercayaan dirinya dalam melakukan kegiatan latihan di gym.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugroho, Agung
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle, Unity, Vuforia, Gym
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Nov 2024 04:14
Last Modified: 22 Nov 2024 04:14
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28313

Actions (login required)

View Item View Item