MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN STAKEHOLDERS (Studi pada Direktorat Kehumasan dan Urusan Internasional Universitas Amikom Yogyakarta)

Amalia, Rizqi (2024) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN STAKEHOLDERS (Studi pada Direktorat Kehumasan dan Urusan Internasional Universitas Amikom Yogyakarta). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (547kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Manajemen hubungan masyarakat (humas) sangat diperlukan dalam mendukung kesuksesan antara organisasi dengan stakeholders untuk menjalin hubungan yang baik. Universitas Amikom Yogyakarta sebagai salah satu institusi pendidikan membentuk direktorat kehumasan sebagai pengubung terhadap pihak internal maupun pihak eksternal dalam menjalin hubungan baik dengan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses manajemen Direktorat Kehumasan dan Urusan Internasinal (DKUI) di Universitas Amikom Yogyakarta dalam menjalin hubungan baik dengan stakeholders. Pada penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan penelitian dilakukan dengan trianggulasi metode dan sumber data. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapannya, manajemen hubungan masyarakat yang dilaksanakan DKUI mengacu terhadap bentuk manajamen humas yang dikemukakan oleh menurut Cutlip, Center, & Broom yakni dengan melakukan: (1) identifikasi problem atau peluang, DKUI melakukan mapping untuk pemetaan kebutuhan internal melalui pengumpulan fakta atau identifikasi data yang dilakukan, (2) perencanaan dan pemrograman, dibuat dalam bentuk penyusunan rencana kerja selama setahun, serta melakukan breakdown dan analisis kembali rencana kerja yang telah dibuat, (3) mengambil tindakan dan berkomunikasi, yaitu implementasi dari rencana kerja dalam bentuk metode komunikasi maupun bentuk komunikasi, serta (4) mengevaluasi program, yang dilakukan secara periodik dengan membentuk laporan kinerja selama satu tahun.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ajibulloh, Alvian Alrasid
Uncontrolled Keywords: Hubungan Baik, Manajemen Humas, Stakeholders
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Nov 2024 06:13
Last Modified: 21 Nov 2024 06:13
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28275

Actions (login required)

View Item View Item