Reftina, Diana Giva (2024) PERAN MEDIA SOSIAL X PADA PERILAKU KONSUMERISME PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN ANGGOTA KOMUNITAS OHMYBEAUTYBANK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (381kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (79kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) |
Abstract
Media Sosial X memiliki peranan penting dalam terjadinya perilaku kosumerisme salah satunya melalui fitur komunitas OHMYBEAUTYBANK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial X pada perilaku konsumerisme anggota Komunitas OHMYBEAUTYBANK. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan fenomenologi dalam metode penelitian kualitatif. Teori atau konsep yang digunakan adalah teori difusi inovasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dengan 4 informan yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling, dan dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik analisis data model Spradley dengan tahapan analisis domain (gambaran umum), analisis taksonomi (penjabaran lebih rinci melalui observasi), analisis komponensial (mencari perbedaan spesifik melalui observasi dan wawancara), dan aanlisis tema kultural (mencari hubungan keseluruhan kemudian dirumuskan). Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media sosial pada perilaku knsumerisme yakni sebagai platform untuk memberikan dan mendapatkan informasi/insight baru mengenai produk kecantikan, sebagai media komunikasi yang efektif dengan fitur diskusi yang realtime, menciptakan branding sebagai reviewer terpercaya karena aktif berdiskusi di komunitas (menjadi influenser), menjadi tempat untuk mendapatkan penghasilan salah satunya melalui affiliate, serta tidak ada peran hiburan karena berfokus pada diskusi produk. Dampak dari peran tersebut membawa perilaku konsumerisme.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Perilaku Konsumerisme, Difusi Inovasi, Komunitas OHMYBEAUTYBANK | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Nov 2024 02:05 | ||
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:05 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28248 |
Actions (login required)
View Item |