PERAN MEDIA SOSIAL X PADA PERILAKU KONSUMERISME PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN ANGGOTA KOMUNITAS OHMYBEAUTYBANK

Reftina, Diana Giva (2024) PERAN MEDIA SOSIAL X PADA PERILAKU KONSUMERISME PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN ANGGOTA KOMUNITAS OHMYBEAUTYBANK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

Media Sosial X memiliki peranan penting dalam terjadinya perilaku kosumerisme salah satunya melalui fitur komunitas OHMYBEAUTYBANK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial X pada perilaku konsumerisme anggota Komunitas OHMYBEAUTYBANK. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan fenomenologi dalam metode penelitian kualitatif. Teori atau konsep yang digunakan adalah teori difusi inovasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dengan 4 informan yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling, dan dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik analisis data model Spradley dengan tahapan analisis domain (gambaran umum), analisis taksonomi (penjabaran lebih rinci melalui observasi), analisis komponensial (mencari perbedaan spesifik melalui observasi dan wawancara), dan aanlisis tema kultural (mencari hubungan keseluruhan kemudian dirumuskan). Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media sosial pada perilaku knsumerisme yakni sebagai platform untuk memberikan dan mendapatkan informasi/insight baru mengenai produk kecantikan, sebagai media komunikasi yang efektif dengan fitur diskusi yang realtime, menciptakan branding sebagai reviewer terpercaya karena aktif berdiskusi di komunitas (menjadi influenser), menjadi tempat untuk mendapatkan penghasilan salah satunya melalui affiliate, serta tidak ada peran hiburan karena berfokus pada diskusi produk. Dampak dari peran tersebut membawa perilaku konsumerisme.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astria, Kadek Kiki
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Perilaku Konsumerisme, Difusi Inovasi, Komunitas OHMYBEAUTYBANK
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:05
Last Modified: 21 Nov 2024 02:05
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28248

Actions (login required)

View Item View Item