Maharani, Yunitasari Eka (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSEUM SONOBUDOYO DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN MUSEUM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (21MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (464kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (90kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Dalam berbagai sektor, komunikasi pemasaran memegang peranan yang penting sebagai alat utama dalam perusahaan untuk berinteraksi dengan konsumen. Kemajuan komunikasi pemasaran tidak hanya terbatas dalam dunia bisnis, melainkan juga terlihat dalam konteks pemerintahan, salah satunya pada industri pariwisata. Penggunaan sosial media dapat menjadi solusi yang efektif untuk menjangkau pasar lebih luas dan meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjungi museum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Museum Sonobudoyo, sebuah museum pemerintah di Yogyakarta yang menyajikan berbagai koleksi dari budaya Jawa, Madura, Bali, dan Lombok yang telah menggunakan strategi komunikasi pemasaran sebagai alat pemasarannya untuk meningkatkan kunjungan ke museum. Meskipun museum lawas, akan tetapi eksistensi Museum Sonobudoyo masih bertahan hingga saat ini. Penelitian ini meneliti dari berbagai aspek strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Museum Sonobudoyo terhadap pertumbuhan kunjungan masyarakat ke Museum Sonobudoyo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan untuk penelitian yaitu teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Museum Sonobudoyo sudah melakukan strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan kunjungan museum. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan sesuai dengan elemen marketing communication mix yaitu word of mouth, personal selling, advertising, event and experience, public relations and publicity, direct marketing, dan interactive marketing yang dapat memberikan hasil terhadap pertumbuhan kunjungan masyarakat ke Museum Sonobudoyo.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sosial Media, Museum Sonobudoyo, Instagram | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:30 | ||
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:30 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28239 |
Actions (login required)
View Item |