Putra, Aji Pradana (2020) IMPLEMENTASI TEKNIK RIGGING PADA PEMBUATAN FILM KARTUN 2D "KADO". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (632kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (103kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi -16.11.0265 - Aji Pradana Putra - Aji Pradana Putra.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - 16.11.0265 - Aji Pradana Putra - Aji Pradana Putra.zip Restricted to Repository staff only Download (41MB) |
Abstract
Teknik rigging merupakan salah satu teknik dalam pembuatan film animasi tapi penggunaan teknik rigging umumnya dipakai pada pembuatan film animasi 3D. Sedangkan dalam pembuatan film animasi 2D lebih sering menggunakan teknik frame by frame. Oleh karena itu penelitian ini ingin mencoba untuk mengimplementasikan teknik rigging pada pembuatan film animasi 2D dengan judul “Implementasi Teknik Rigging Pada Pembuatan Film Kartun 2D “Kado””. Dalam penelitian ini teknik rigging digunakan untuk menganimasikan sebuah cerita berjudul "Kado". Dengan cerita seorang pemudah yang menolong seekor anak anjing hingga saat pemudah tersebut terkena masalah, anak anjing tersebut datang untuk membalas budi kepadanya.Teknik rigging merupakan proses pemberian tulang atau rig pada karakter, sehingga setiap karakter dapat digerakan seperti sistem persendian pada anggota tubuh manusia ataupun hewan. Dari implementasi teknik rigging pada film animasi 2D "Kado", mendapat kesuliatan pada bentuk kerangka yang beda anatar manusia dan hewan sehingga rigging karakter mereka dibuat berbeda dan hasil aniamsi yang di hasilkan tidak bisa menampilakan gerakan pervektif seperti pada teknik frame by frame. Tapi keunggulan yang tidak bisa di lakukan pada teknik frame by frame yaitu penggunaan teknik rigging sangat menghemat waktu pengerjaan proses animasi karena animator tidak harus membuat satu persatu key frame drawing dan penggunaan teknik rigging sangat cocok sekali untuk animator pemula seperti penulis.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi, film, rigging, key frame, dan frame by frame | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Jun 2022 04:25 | ||
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:44 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2821 |
Actions (login required)
View Item |