ANALISIS PENDAPAT MASYARAKAT TERKAIT INVESTASI ONLINE DI ERA DIGITAL MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIERS

Saputro, Aryo Bimo (2024) ANALISIS PENDAPAT MASYARAKAT TERKAIT INVESTASI ONLINE DI ERA DIGITAL MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIERS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (538kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2621.zip
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Era digital yang terus berkembang menuntut individu untuk terus belajar, terutama dalam hal investasi. Perkembangan teknologi yang mudah diakses oleh berbagai kelompok usia telah membawa dampak signifikan dalam akses informasi, di masa lalu investasi terbatas pada properti dan saham yang memerlukan interaksi langsung dengan broker. Namun, perubahan pengelolaan investasi telah terjadi di era digital, di mana masyarakat dapat mengakses informasi nilai aset secara realtime dan melakukan investasi online dengan mudah. Meskipun demikian, kemudahan ini juga membuka peluang bagi penyalahgunaan investasi. Peneliti menganalisis mengenai sentimen yang ada pada media sosial twitter terhadap topik investasi dan saham. Proses penelitian dilakukan menggunakan metode naive bayes classifier terhadap data yang telah diambil berdasarkan kata kunci investasi dan saham. Metode Naive bayes classifier menghasilkan akurasi cukup tinggi dengan akurasi 75%. Peneliti melakukan uji coba pada parameter hybrid algoritma dengan model adabost menghasilkan akurasi 71%. Peneliti mencoba dengan mengubah paramter pada ambang tertentu dari hasil proses labeling data dengan ambang batas skor 0.65, naive bayes menghasilkan akurasi 86%. Proses pengujian naik signifikan pada pengujian terhadap kenaikan pengambil skor label diangka skor 0.70 menghasilkan akurasi sebesar 89%

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Utama`, Hastari
Uncontrolled Keywords: Investasi, Saham, Analisis Sentimen, Naive Bayes Classifier, Twitter
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2024 07:03
Last Modified: 18 Nov 2024 07:03
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28114

Actions (login required)

View Item View Item