IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN JENIS PROFESI BERBASIS ANDROID DI SD NEGERI SINGOSAREN

Hidayat, Rahmat (2024) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN JENIS PROFESI BERBASIS ANDROID DI SD NEGERI SINGOSAREN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3553.zip
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)

Abstract

Sekolah Dasar Negeri Singosaren, yang terletak di Bantul, Yogyakarta, telah terakreditasi A dan dalam upaya mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi kejenuhan belajar dengan menggunakan buku bergambar dua dimensi, khususnya dalam pengenalan berbagai jenis profesi kepada siswa. Penelitian ini mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) berbasis Android untuk kelas 4, yang menampilkan objek 3D dengan metode Marker Based Tracking. Aplikasi ini dirancang menggunakan beberapa tools seperti Unity, Canva, Figma, dan library Vuforia, serta dikembangkan dengan metode Multimedia Development Life Cycle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat baik dengan indeks kelayakan 91,66%, membantu guru dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa tentang berbagai profesi. Namun, aplikasi ini memerlukan pengembangan lebih lanjut seperti penambahan jenis profesi, evaluasi materi, dan ketersediaan pada sistem operasi selain Android.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kharisma, Rizqi Sukma
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Unity 3D, Profesi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:10
Last Modified: 18 Nov 2024 02:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28103

Actions (login required)

View Item View Item