Alam, Yomi Bergas (2024) {SKEMA ARTIS} PERANCANGAN NARASI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DALAM APLIKASI MITRA DARAT KEMENTERIAN PERHUBUNGAN WONOGIRI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (482kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (92kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
Abstract
Skripsi ini mengkaji proses pembuatan iklan layanan masyarakat aplikasi Mitra Darat yang merupakan sebuah apikasi yang mempunyai program mudik gratis bagi masyarakat menengah kebawah terutama masyarakat daerah Wonogiri. Iklan layanan masyarakat ini dibuat atas dasar kuota mudik gratis yang belum tersalurkan secara menyeluruh dari total kuota mudik gratis melalui aplikasi Mitra Darat mencapai 30.088, sedangkan pengguna aplikasi Mitra Darat keseluruhan mencapai 2.533 orang. Tujuan utama iklan ini adalah untuk memperkenalkan aplikasi Mitra Darat kepada masyarakat, khususnya di Wonogiri, serta meningkatkan partisipasi dalam program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah. Motion graphic dipilih sebagai media utama untuk memudahkan pemahaman pesan yang disampaikan kepada audiens. Konsep Scriptwriting digunakan untuk menciptakan naskah yang informatif dan menggugah emosi, dengan memperhatikan tema ekonomi dari mudik gratis, cerita mengenai perjuangan pemudik, struktur tiga babak atau (three-act structure) dan pengenalan karakter Sapto. Iklan menggunakan motion graphic untuk memberikan tutorial tentang penggunaan aplikasi Mitra Darat dalam mendaftar mudik gratis. Penelitian ini juga mempertimbangkan sifat-sifat iklan layanan masyarakat seperti presentasi publik yang konsisten, penetrasi yang luas tanpa ketergantungan waktu, ekspresi dramatis untuk mempengaruhi perasaan, dan komunikasi impersonal yang persuasif. Iklan layanan masyarakat ini memiliki durasi dua puluh menit dua puluh tujuh detik (2.27) dan dipulikasikan oleh akun Istagram resmi @terminalgiriadipura pada 20 Juni 2024.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Iklan Layanan Masyarakat, Scriptwriting, Motion Graphic, Mitra Darat, Three-act Structure | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Nov 2024 02:47 | ||
Last Modified: | 15 Nov 2024 02:47 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28081 |
Actions (login required)
View Item |