MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATERI AKSARA JAWA PADA MIM 2 BADAS MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

Bimantara, Hidayatullah Fajar (2024) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATERI AKSARA JAWA PADA MIM 2 BADAS MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3307.zip
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)

Abstract

Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi dalam pendidikan menjadi semakin penting. Salah satu pendekatan yang menarik adalah dengan penggunaan game/media pembelajaran. Dengan pendekatan visual, diharapkan anak dapat mengembangkan keterampilann motorik halus sambil memahami konsep dasar huruf aksara Jawa. Media pembelajaran interaktif yang berbasis game dengan elemen visual, audio, dan gambar dikembangkan menggunakan perangkat lunak Construct 2 untuk membantu anak-anak SD/MI kelas 3 dalam memahami dasar aksara Jawa. Tujuan dari media pembelajaran ini adalah menyediakan alat yang interaktif dan mendidik bagi anak-anak agar mereka dapat dengan mudah memahami huruf aksara Jawa yang merupakan warisan budaya. Media pembelajaran ini dirancang khusus untuk anak-anak di usia tersebut dengan permainan yang menarik dan interaktif, visual yang menarik perhatian, serta suara dan gambar yang mendukung pengalaman belajar mereka. Dengan penggunaan teknologi dan metode pembelajaran yang inovatif, diharapkan anak-anak dapat lebih mudah memahami serta mengingat aksara Jawa yang merupakan bagian penting dari warisan budaya Indonesia. Hasil yang diharapkan dari penggunaan media pembelajaran ini adalah peningkatan pemahaman anak-anak terhadap huruf aksara Jawa serta meningkatnya minat mereka dalam memahami budaya dan tradisi Jawa. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, diharapkan anak-anak akan merasa lebih terlibat dan termotivasi dalam proses pembelajaran mereka.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mustopa, Ali
Uncontrolled Keywords: Media interaktif, Aksara Jawa, Edukasi, Construct 2
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Nov 2024 07:49
Last Modified: 14 Nov 2024 07:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28058

Actions (login required)

View Item View Item