Bimantara, Hidayatullah Fajar (2024) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATERI AKSARA JAWA PADA MIM 2 BADAS MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (960kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (45kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3307.zip Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
Abstract
Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi dalam pendidikan menjadi semakin penting. Salah satu pendekatan yang menarik adalah dengan penggunaan game/media pembelajaran. Dengan pendekatan visual, diharapkan anak dapat mengembangkan keterampilann motorik halus sambil memahami konsep dasar huruf aksara Jawa. Media pembelajaran interaktif yang berbasis game dengan elemen visual, audio, dan gambar dikembangkan menggunakan perangkat lunak Construct 2 untuk membantu anak-anak SD/MI kelas 3 dalam memahami dasar aksara Jawa. Tujuan dari media pembelajaran ini adalah menyediakan alat yang interaktif dan mendidik bagi anak-anak agar mereka dapat dengan mudah memahami huruf aksara Jawa yang merupakan warisan budaya. Media pembelajaran ini dirancang khusus untuk anak-anak di usia tersebut dengan permainan yang menarik dan interaktif, visual yang menarik perhatian, serta suara dan gambar yang mendukung pengalaman belajar mereka. Dengan penggunaan teknologi dan metode pembelajaran yang inovatif, diharapkan anak-anak dapat lebih mudah memahami serta mengingat aksara Jawa yang merupakan bagian penting dari warisan budaya Indonesia. Hasil yang diharapkan dari penggunaan media pembelajaran ini adalah peningkatan pemahaman anak-anak terhadap huruf aksara Jawa serta meningkatnya minat mereka dalam memahami budaya dan tradisi Jawa. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, diharapkan anak-anak akan merasa lebih terlibat dan termotivasi dalam proses pembelajaran mereka.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media interaktif, Aksara Jawa, Edukasi, Construct 2 | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Nov 2024 07:49 | ||
Last Modified: | 14 Nov 2024 07:49 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28058 |
Actions (login required)
View Item |