Wachida, Ahmad Zada Nur (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LAPOR SLEMAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN SLEMAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (244kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (92kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan Lapor Sleman. Untuk mengetahui apa saja hambatan dan tantangan yang dihadapi pada pelaksanaan implementasi kebijakan Lapor Sleman. Program smart city yaitu dengan menghadirkam berbagai inovasi aplikasi pelayanan public contohnya seperti aplikasi Lapor Sleman sebagai layanan pengaduan di Kabupaten Sleman. Dengan beberapa fitur yang disediakan dalam aplikasi tersebut seperti pengaduan, aspirasi, saran, kritik secara online oleh masyarakat setempat membuat adanya jarak antara pemerintah dan masyarakat Sleman menjadi lebih dekat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi kebijakan Lapor Sleman sebagai upaya peningkatan pelayanan public.Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan focus kepada studi kasus di Kabupaten Sleman. Subjek penelitian Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kabupaten Sleman. Objek penelitian sebagai upaya peningkatan pelayanan public di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan teori utama Edward George III tentang Implementasi Kebijakan. Hasil penelitian ini mengacu pada temuan menurut empat variable utama adalah Struktur Birokrasi, Sumber daya, Disposisi Sikap, dan Komunikasi. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Struktur Birokrasi: Pemerintah Kabupaten Sleman sudah memiliki kestrukturan dalam pengelolaan pengaduan yang langsung dikelola oleh KOMINFO dan disampaikan kepada OPD Kabupaten Sleman sesuai pengaduannya. (2) Sumber Daya: Sarana prasaran dalam mengembangkan kebijakan Lapor Sleman dan memiliki tim koordinasi dalam mengelola pengaduan di Kabupaten Sleman. (3) Disposisi Sikap: KOMINFO Sleman sangat baik dan bertanggung jawab dalam mengelola pengaduan untuk disampaikan kepada OPD dengan waktu kapan saja. (4) Komunikasi: Masyarakat Kabupaten Sleman diberikan sosialisasi terkait Lapor Sleman dengan media tertentu dan KOMINFO juga memiliki wadah berupa pameran untuk campaign Lapor Sleman setiap tahunnya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Implementasi Kebijakan, Lapor Sleman. | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 320 Ilmu politik > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Pemerintahan | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 03:21 | ||
Last Modified: | 13 Nov 2024 03:21 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27992 |
Actions (login required)
View Item |