STRATEGI PENGELOLAAN KONTEN INSTAGRAM @pemkotjogja DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KOTA YOGYAKARTA

Gorantokan, Kristoforus Boli Kedan (2024) STRATEGI PENGELOLAAN KONTEN INSTAGRAM @pemkotjogja DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KOTA YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (609kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)

Abstract

Akun @pemkotjogja merupakan salah satu akun yang dikelola oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta sebagai media penyebaran informasi dari berbagai tema kepada masyarakat lewat konten yang dibagikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengelolaan konten Instagram @pemkotjogja yang dilakukan oleh Diskominfosan Kota Yogyakarta dalam mempertahankan citra instansi. Metode penelitian yang digunakan adalah Fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi, menggunakan paradigma kritis serta pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Diskominfosan Kota Yogyakarta menerapkan beberapa strategi pengelolaan konten Instagram seperti : mengandung informasi dan data terpercaya, publikasi teragenda, konten dari beragam tema dan sebagainya. Strategi pengelolaan tersebut dianalisis dan dikaitkan dengan teori yang digunakan yaitu : Teori Circural Model Of Some dari Regina Luttrel yang menekankan pada 4 aspek penting yaitu : pertama : menyebarkan (share) mencakup berpartisipasi (participate), terhubung (connect) dan membangun kepercayaan (build trust). Kedua : mengoptimalkan (optimize) mencakup mendengarkan (listen), mempelajari (learn) dan mengambil bagian (take part in). Ketiga : mengatur (manage) mencakup media monotoring (monotoring media), respon cepat (quick respon) dan interaksi waktu nyata (real time interaction). Aspek keempat yaitu : melibatkan (engage), mengajak kerja sama dengan pihak lainnya contohnya seorang influencer dan instansi lainnya. Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa penerapan strategi pengelolaan konten Instagram @pemkotjogja dari Diskominfosan Kota Yogyakarta ternyata sejalan dengan teori Circural Model Of Some yang digunakan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purnamasari, Novita Ika
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Strategi, Pengelolaan, Konten, Instagram, Citra Instansi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:03
Last Modified: 13 Nov 2024 03:03
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27990

Actions (login required)

View Item View Item