Gorantokan, Kristoforus Boli Kedan (2024) STRATEGI PENGELOLAAN KONTEN INSTAGRAM @pemkotjogja DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KOTA YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (609kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (124kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
Abstract
Akun @pemkotjogja merupakan salah satu akun yang dikelola oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta sebagai media penyebaran informasi dari berbagai tema kepada masyarakat lewat konten yang dibagikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengelolaan konten Instagram @pemkotjogja yang dilakukan oleh Diskominfosan Kota Yogyakarta dalam mempertahankan citra instansi. Metode penelitian yang digunakan adalah Fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi, menggunakan paradigma kritis serta pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Diskominfosan Kota Yogyakarta menerapkan beberapa strategi pengelolaan konten Instagram seperti : mengandung informasi dan data terpercaya, publikasi teragenda, konten dari beragam tema dan sebagainya. Strategi pengelolaan tersebut dianalisis dan dikaitkan dengan teori yang digunakan yaitu : Teori Circural Model Of Some dari Regina Luttrel yang menekankan pada 4 aspek penting yaitu : pertama : menyebarkan (share) mencakup berpartisipasi (participate), terhubung (connect) dan membangun kepercayaan (build trust). Kedua : mengoptimalkan (optimize) mencakup mendengarkan (listen), mempelajari (learn) dan mengambil bagian (take part in). Ketiga : mengatur (manage) mencakup media monotoring (monotoring media), respon cepat (quick respon) dan interaksi waktu nyata (real time interaction). Aspek keempat yaitu : melibatkan (engage), mengajak kerja sama dengan pihak lainnya contohnya seorang influencer dan instansi lainnya. Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa penerapan strategi pengelolaan konten Instagram @pemkotjogja dari Diskominfosan Kota Yogyakarta ternyata sejalan dengan teori Circural Model Of Some yang digunakan pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Strategi, Pengelolaan, Konten, Instagram, Citra Instansi | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 03:03 | ||
Last Modified: | 13 Nov 2024 03:03 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27990 |
Actions (login required)
View Item |