SURVEI PENGARUH KONTEN TIKTOK @AVI_AVILIANI DAN SKILL PENYIAR RADIO TERHADAP MINAT FOLLOWERS UNTUK MENDENGARKAN RADIO

Mathofani, Zainnun Akhdan (2022) SURVEI PENGARUH KONTEN TIKTOK @AVI_AVILIANI DAN SKILL PENYIAR RADIO TERHADAP MINAT FOLLOWERS UNTUK MENDENGARKAN RADIO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (644kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
fiks - Publikasi-17.96.0132-Zainnun Akhdan Mathofani - Zainnun Akhdan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)

Abstract

Konten Tik Tok pada saat ini bukanlah hanya sekedar konten hiburan saja tetapi Tik Tok juga digunakan sebagai konten edukasi yang bermanfaat. Salah satu konten yang mengedukasi yaitu @avi_aviliani dimana ia mampu memberikan pengertian mengenai radio, skill dalam bersiaran radio, dan proses di balik produksi siaran radio di masa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti ini. Penyiar radio merupakan sebuah peran yang sangat penting dalam sebuah program siaran radio. Banyak pendengar yang mengganti frekuensi radio karena kurang cocok dengan penyiar radio tersebut, maka dari itu skill atau kemampuan penyiar radio merupakan elemen yang sangat penting karena skill penyiar radio merupakan salah satu faktor bagi pendengar untuk mendengarkan radio. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konten Tik Tok @avi_aviliani dan pengaruh skill penyiar radio terhadap minat followers akun @avi_aviliani untuk mendengarkan radio. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teori yang digunakan yaitu menggunakan teori S-O-R (Stimulus Organism Response). Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling, sedangkan jumlah sampel adalah sebanyak 100 followers yang diambil berdasarkan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebarkan kuesioner secara daring kepada followers @avi_aviliani. Sedangkan untuk analisis data menggunakan SPSS 25 dengan uji regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu menyebutkan adanya pengaruh konten TikTok @avi_aviliani dan Skill penyiar radio terhadap minat followers untuk mendengarkan radio. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji F yang menunjukan nilai sig sebesar 0,000 dan nilai F hitung sebesar 31,661. Pada tahap kognitif responden mampu mengetahui bagaimana cara untuk mendengarkan radio dan bagaimana proses dibalik produksi siaran radio, pada tahap afektif responden tahap afektif hampir seluruh responden memiliki rasa suka dibuktikan dengan setelah menonton konten TikTok responden menjadi tertarik dengan dunia radio dan responden suka terhadap pembawaan yang dibawakan oleh penyiar dalam konten TikTok @avi_aviliani. Pada tahap konatif hampir seluruh responden tambul keyakinan untuk melakukan kegiatan yaitu minat untuk mendengarkan radio karena konten TikTok @avi_aviliani dan karena Skill penyiar radio yang ditampilkan dalam konten TikTok @avi_aviliani.Selain itu terdapat pengaruh konten tik tok @avi_aviliani dan skill penyiar radio terhadap minat followers untuk mendengarkan radio sebesar 39.5%. Sisanya sebesar 60.5% dipengaruhi oleh faktor – faktor yang lain yang tidak teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Aprilia, Monika Pretty
Uncontrolled Keywords: Konten Tik Tok, Skill Penyiar, Minat mendengarkan Radio.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:58
Last Modified: 21 Aug 2023 04:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item