Reynaldi, Rizky (2024) ANALISIS PENGARUH E-WOM & E-TRUST YANG MEMPENGARUHI E-LOYALTY MELALUI E-SATISFAYING SEBAGAI MEDIASI VARIABEL PADA PELANGGAN JD.ID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (582kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (593kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (61kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
JD.ID adalah salah satu situs belanja online berkonsep B2C yang aktif digunakan di Indonesia adalah JD.ID, JD.ID mulai beroperasi di Indonesia sejak Oktober 2015. JD.ID bahkan tidak dapat masuk tiga besar dari situs belanja online yang digunakan oleh masyarakat di Indonesia. JD.ID selalu di peringkat menengah dari keseluruhan situs besar belanja online di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari e-trust dan e-word of mouth terhadap e-loyalty. Penelitian ini juga untuk melihat pengaruh tidak langsung dari variabel e- satisfaction sebagai variabel mediasi terhadap hubungan e-trust terhadap e-loyalty dan hubungan e-word of mouth terhadap e-loyalty. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi e-commerce JD.ID yang tergabung dalam group facebook JD.id Indonesia. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dan didapatkan 200 sampel pada penelitian ini. Data pada penelitian ini bersifat data primer, sedangkan teknik pengambilan datanya menggunakan penyebaran kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis (uji t, uji f dan koefisien deteriminasi), analisis regresi linear berganda dan uji sobel. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa e-trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty. E-word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap e- loyalty. Peran variabel mediasi pada variabel e-satisfaction dapat memdiasi hubungan e-trust terhadap e-loyalty dan hubungan e-word of mouth terhadap e- loyalty.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | E-Loyalty, E-Trust, E-Word Of Mouth, E-Satisfaction, JD.ID | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:42 | ||
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27846 |
Actions (login required)
View Item |