Wahyuningrum, Dien Ambar (2024) PEMANFAATAN LIVE TIKTOK SEBAGAI STRATEGI PROMOSI ODY.SUB. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (601kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (61kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (956kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan live streaming di TikTok sebagai strategi promosi efektif oleh Ody.sub, sebuah thrift shop di Yogyakarta. Dengan meningkatnya popularitas thrift shop dan penggunaan media sosial, Ody.sub menggunakan live TikTok untuk memperkenalkan produk mereka, menarik pelanggan dari berbagai kota, dan meningkatkan penjualan secara signifikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Objek penelitian dalam skripsi ini adalah pemanfaatan live TikTok sebagai strategi promosi Ody.sub. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari owner, karyawan, dan pelanggan setia yang berbelanja. Teknik dalam pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Karena penelitian dilakukan kurang lebih 2 bulan. Data dianalisis dengan menggunkana langkah sesuai teori Miles, Hubermen, dan Saldana (2014) yaitu menganalisis data dengan 4 (empat) langkah, yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Ody.sub, thrift store baru yang didirikan pada tahun 2022, telah menarik perhatian dengan pencapaiannya yang luar biasa. Meskipun baru berusia dua tahun, Ody.sub berhasil membangun komunitas konsumen yang setia dan selalu berhasil menjual habis produkproduknya saat live. Keberhasilan Ody.sub memicu rasa ingin tahu penulis untuk mengungkap strategi mereka, untuk memahami keunikan dan taktik yang mendorong penjualan mereka. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Ody.sub sukses menggunakan strategi promosi live TikTok dengan menerapkan konsep The Cirucular Model Of SOME. 4 (empat) tahapan, yaitu proses share melalui live TikTok dari proses share tersebut dibagikan siaran langsung sedang menjelaskan produk. Proses optimize dilakukan dengan mengharapkan penonton dan konsumen memberikan like pada live yang sedang berlangsung. Proses manage yang dilakukan Ody.sub adalah dengan memberikan pelayanan seperti mengemas produk yang sudah dibeli sebaik mungkin dan secepat mungkin agar konsumen puas dengan pelayanan. Proses engage pada live TikTok Ody.sub dilakukan dengan promosi berbayar agar menjangkau penonton baru dan branding harga murah dengan produk yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Live Tiktok, Strategi Promosi, Ody.Sub | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:14 | ||
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:14 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27815 |
Actions (login required)
View Item |