RANCANGAN VIDEO PROMOSI “GOA CERME” MENGGUNAKAN VISUALISASI PEMETAAN 3DIMENSI

Pamungkas, Aditya Heru (2024) RANCANGAN VIDEO PROMOSI “GOA CERME” MENGGUNAKAN VISUALISASI PEMETAAN 3DIMENSI. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (689kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - 19.02.0490.zip
Restricted to Repository staff only

Download (118MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)

Abstract

Goa Cerme, yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, adalah destinasi wisata bersejarah yang memiliki keindahan alam seperti stalaktit, stalagmit, dan sungai bawah tanah. Namun, pasca pandemi COVID-19, jumlah kunjungan wisatawan ke Goa Cerme menurun drastis meskipun sudah dilakukan beberapa upaya promosi. Penurunan ini disebabkan oleh promosi yang kurang menarik dan persaingan dengan destinasi wisata baru di sekitar Goa Cerme. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi promosi yang lebih efektif melalui teknologi visualisasi pemetaan 3D. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pembuatan video promosi interaktif menggunakan teknologi visualisasi 3D. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi perencanaan, produksi, dan distribusi video. Dalam tahap perencanaan, dikumpulkan data mengenai keindahan dan potensi wisata Goa Cerme. Selanjutnya, video promosi yang interaktif dan realistis dibuat menggunakan software khusus, dan didistribusikan melalui platform digital seperti Instagram. Proses evaluasi efektivitas dilakukan melalui survei terhadap responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video promosi dengan visualisasi 3D berhasil menarik minat penonton, yang tercermin dari seluruh respons komentar yang positif dan antusiasme yang tinggi terhadap Goa Cerme. Oleh karena itu, teknologi visualisasi 3D yang digunakan dalam promosi ini terbukti efektif dalam meningkatkan minat wisatawan dan diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke Goa Cerme di masa mendatang.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Goa Cerme, Visualisasi 3D, Video Promosi, Pemetaan, Pariwisata
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Nov 2024 06:30
Last Modified: 04 Nov 2024 06:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27803

Actions (login required)

View Item View Item