Suardini, Kirana Sukma (2024) ANALISIS KARAKTERISTIK KONSUMEN UMKM BATIK PUSPITA MEKAR DI SURAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (738kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (68kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam peningkatan perekonomian daerah maupun perekonomian suatu negara. Selain itu, sektor ini mampu meningkatkan pendapatan per kapita atau Produk Domestik Bruto (PDB) masyarakat karena mampu menyerap tenaga kerja yang cukup banyak. Penelitian menggunakan objek Batik Puspita Mekar sebagai salah satu pelaku usaha pada Industri Batik di Laweyan. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui potensi UMKM Batik Puspita Mekar di Surakarta agar dapat menjadi dasar pengambilan keputusan pengelola. Penelitian menggunakan metode pengumpulan data wawancara & survei melalui kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan pembeli yang sering berbelanja di Batik Puspita Mekar merupakan pembeli dengan jenis kelamin laki-laki, bertempat tinggal di provinsi Jawa Tengah dengan tingkat pendapatan Rp. 1.000.000 hingga Rp. 4.000.000. Pembeli yang sering berbelanja di Batik Puspita Mekar menggunakan platform aplikasi berbelanja daring whatsapp. Sebagian pelanggan berbelanja secara offline atau pembelian ke toko Batik Puspita Mekar serta bertransaksi dengan tunai. Pembeli yang sering berbelanja di Batik Puspita Mekar melakukan konsumsi produk dalam bentuk fashion, membeli produk baju batik dan melakukan kunjungan dengan tujuan berbelanja. Batik Puspita Mekar memiliki potensi untuk dikembangkan. Batik Puspita Mekar perlu melakukan promosi, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, memberikan berebagai program pemasaran dan mengikuti perkembangan industri untuk dapat bersaing pada industri batik di Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Industri Batik, UMKM, Potensi | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ekonomi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Nov 2024 03:56 | ||
Last Modified: | 04 Nov 2024 03:56 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27783 |
Actions (login required)
View Item |