ANALISIS KARAKTERISTIK KONSUMEN UMKM BATIK PUSPITA MEKAR DI SURAKARTA

Suardini, Kirana Sukma (2024) ANALISIS KARAKTERISTIK KONSUMEN UMKM BATIK PUSPITA MEKAR DI SURAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (738kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam peningkatan perekonomian daerah maupun perekonomian suatu negara. Selain itu, sektor ini mampu meningkatkan pendapatan per kapita atau Produk Domestik Bruto (PDB) masyarakat karena mampu menyerap tenaga kerja yang cukup banyak. Penelitian menggunakan objek Batik Puspita Mekar sebagai salah satu pelaku usaha pada Industri Batik di Laweyan. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui potensi UMKM Batik Puspita Mekar di Surakarta agar dapat menjadi dasar pengambilan keputusan pengelola. Penelitian menggunakan metode pengumpulan data wawancara & survei melalui kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan pembeli yang sering berbelanja di Batik Puspita Mekar merupakan pembeli dengan jenis kelamin laki-laki, bertempat tinggal di provinsi Jawa Tengah dengan tingkat pendapatan Rp. 1.000.000 hingga Rp. 4.000.000. Pembeli yang sering berbelanja di Batik Puspita Mekar menggunakan platform aplikasi berbelanja daring whatsapp. Sebagian pelanggan berbelanja secara offline atau pembelian ke toko Batik Puspita Mekar serta bertransaksi dengan tunai. Pembeli yang sering berbelanja di Batik Puspita Mekar melakukan konsumsi produk dalam bentuk fashion, membeli produk baju batik dan melakukan kunjungan dengan tujuan berbelanja. Batik Puspita Mekar memiliki potensi untuk dikembangkan. Batik Puspita Mekar perlu melakukan promosi, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, memberikan berebagai program pemasaran dan mengikuti perkembangan industri untuk dapat bersaing pada industri batik di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ismadiyanti Purwaning
Uncontrolled Keywords: Industri Batik, UMKM, Potensi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ekonomi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Nov 2024 03:56
Last Modified: 04 Nov 2024 03:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27783

Actions (login required)

View Item View Item