IMPLEMENTASI TEKNIK FACIAL RIGGING KARAKTER PENSIL DALAM FILM ANIMASI 3D "PENSIL YANG TERBENGKALAI" DENGAN MENERAPKAN SHAPE EDITOR PADA AUTODESK MAYA

Rohman, Faniki Zarofi (2024) IMPLEMENTASI TEKNIK FACIAL RIGGING KARAKTER PENSIL DALAM FILM ANIMASI 3D "PENSIL YANG TERBENGKALAI" DENGAN MENERAPKAN SHAPE EDITOR PADA AUTODESK MAYA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.82.0744.zip
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat semakin mempermudah animator dalam pembuatan sebuah film animasi. Dalam pembuatan film animasi terdapat beberapa tahapan penting yang harus dilakukan antara lain modeling, texturing dan rigging. Rigging merupakan metode yang digunakan dalam pembuatan atau pemasangan kerangka pada karakter animasi agar dapat di gerakkan. Proses rigging mempunyai tahapan yang harus dilakukan seperti, pemberian joint, skinning dan controller. Penelitian ini akan berfokus pada metode facial rigging yang di implementasikan pada karakter pensil sehingga dapat menghasilkan ekspresi wajah seperti sedih, senang, marah, kecewa dan ekspresi lainnya. Rigging menggunakan Shape Editor memiliki keunggulan yaitu memungkinkan animator tidak lagi membuat objek target tetapi menggunakan objek dasar sebagai objek target sehingga tidak perlu menduplikasi model. Penelitian ini menjelaskan tahapan-tahapan rigging yang digunakan pada karakter pensil dalam film animasi yang berjudul “Pensil yang Terbengkalai” menggunakan Autodesk Maya. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran metode rigging yang lebih mudah dan memberikan peluang untuk editing lebih lanjut bagi pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: 3D, Rigging, Animasi, Shape Editor, Autodesk Maya
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Nov 2024 03:13
Last Modified: 04 Nov 2024 03:13
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27773

Actions (login required)

View Item View Item