Rohman, Faniki Zarofi (2024) IMPLEMENTASI TEKNIK FACIAL RIGGING KARAKTER PENSIL DALAM FILM ANIMASI 3D "PENSIL YANG TERBENGKALAI" DENGAN MENERAPKAN SHAPE EDITOR PADA AUTODESK MAYA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.82.0744.zip Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat semakin mempermudah animator dalam pembuatan sebuah film animasi. Dalam pembuatan film animasi terdapat beberapa tahapan penting yang harus dilakukan antara lain modeling, texturing dan rigging. Rigging merupakan metode yang digunakan dalam pembuatan atau pemasangan kerangka pada karakter animasi agar dapat di gerakkan. Proses rigging mempunyai tahapan yang harus dilakukan seperti, pemberian joint, skinning dan controller. Penelitian ini akan berfokus pada metode facial rigging yang di implementasikan pada karakter pensil sehingga dapat menghasilkan ekspresi wajah seperti sedih, senang, marah, kecewa dan ekspresi lainnya. Rigging menggunakan Shape Editor memiliki keunggulan yaitu memungkinkan animator tidak lagi membuat objek target tetapi menggunakan objek dasar sebagai objek target sehingga tidak perlu menduplikasi model. Penelitian ini menjelaskan tahapan-tahapan rigging yang digunakan pada karakter pensil dalam film animasi yang berjudul “Pensil yang Terbengkalai” menggunakan Autodesk Maya. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran metode rigging yang lebih mudah dan memberikan peluang untuk editing lebih lanjut bagi pengguna.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 3D, Rigging, Animasi, Shape Editor, Autodesk Maya | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Nov 2024 03:13 | ||
Last Modified: | 04 Nov 2024 03:13 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27773 |
Actions (login required)
View Item |