KONSTRUKSI PESAN IKLAN AQUA VERSI "AQUA 100% MURNI INDONESIA"

Hendro, Abdul Saputra (2024) KONSTRUKSI PESAN IKLAN AQUA VERSI "AQUA 100% MURNI INDONESIA". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Memanasnya kembali situasi konflik antara Hamas dan Israel menyebabkan banyak orang di seluruh dunia melakukan berbagai aksi dukungan dan solidaritas, termasuk di Indonesia. Seruan untuk memboikot produk-produk yang berasal dariatau terkait dengan entitas Israel sebagai bentuk protes terhadap kebijakan politik, isu kemanusiaan, atau konflik yang melibatkan Israel. Seruan untuk memboikotmerek yang diduga terkait dengan Israel jelas sangat merugikan, apalagi jika salah sasaran seperti yang terjadi pada Aqua, perusahaan air minum terbesar di Indonesia.Padahal, faktanya tidak ada merek Aqua di dalam daftar Boikot BDS Indonesia. Iklan Aqua versi "Aqua 100% murni Indonesia" menjadi iklan yang mengkonstruksikan sebuah pesan didalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana konstruksi pesan iklan Aqua versi “Aqua 100% murni Indonesia. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode Semiotika Charles Sanders Pierce dan paradigmakonstruktivisme. Teori yang digunakan adalah teori Representasi dari Stuar Hall. Objek dalam penelitian ini adalah segala bentuk pesan yang ada pada iklan Aquaversi Aqua 100% murni Indonesia yang memiliki durasi 30 detik dan sudahmencapai 121 juta penonton di Youtube. Hasil penelitian ini adalah adanya repetisiatau pengulangan kata pada narasi iklan sebagai bentuk penekanan terhadapkemurnian dan keaslian produk lokal Indonesia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adiyanto, Wiwid
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Pesan, Iklan, Semiotika
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Nov 2024 07:42
Last Modified: 01 Nov 2024 07:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27744

Actions (login required)

View Item View Item