Hendro, Abdul Saputra (2024) KONSTRUKSI PESAN IKLAN AQUA VERSI "AQUA 100% MURNI INDONESIA". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (288kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (73kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Memanasnya kembali situasi konflik antara Hamas dan Israel menyebabkan banyak orang di seluruh dunia melakukan berbagai aksi dukungan dan solidaritas, termasuk di Indonesia. Seruan untuk memboikot produk-produk yang berasal dariatau terkait dengan entitas Israel sebagai bentuk protes terhadap kebijakan politik, isu kemanusiaan, atau konflik yang melibatkan Israel. Seruan untuk memboikotmerek yang diduga terkait dengan Israel jelas sangat merugikan, apalagi jika salah sasaran seperti yang terjadi pada Aqua, perusahaan air minum terbesar di Indonesia.Padahal, faktanya tidak ada merek Aqua di dalam daftar Boikot BDS Indonesia. Iklan Aqua versi "Aqua 100% murni Indonesia" menjadi iklan yang mengkonstruksikan sebuah pesan didalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana konstruksi pesan iklan Aqua versi “Aqua 100% murni Indonesia. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode Semiotika Charles Sanders Pierce dan paradigmakonstruktivisme. Teori yang digunakan adalah teori Representasi dari Stuar Hall. Objek dalam penelitian ini adalah segala bentuk pesan yang ada pada iklan Aquaversi Aqua 100% murni Indonesia yang memiliki durasi 30 detik dan sudahmencapai 121 juta penonton di Youtube. Hasil penelitian ini adalah adanya repetisiatau pengulangan kata pada narasi iklan sebagai bentuk penekanan terhadapkemurnian dan keaslian produk lokal Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Konstruksi Pesan, Iklan, Semiotika | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Nov 2024 07:42 | ||
Last Modified: | 01 Nov 2024 07:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27744 |
Actions (login required)
View Item |