Dluha, Muhammad (2024) ANALISIS KONTEN INSTAGRAM AKUN @COKIPARDEDEBEBAS SEBAGAI MEDIA PROMOSI PEMENANGAN PEMILU PASANGAN PRABOWO-GIBRAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (948kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (705kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (73kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (887kB) |
Abstract
Media sosial menjadi peran penting dalam promosi politik, salah satunya pada kampanye jelang pemilu. Influencer juga memiliki peran dalam promosi politik, seperti yang dilakukan oleh Coki Pardede. Coki adalah seorang komika sekaligus influencer yang mendukung pasangan Prabowo-Gibran dalam pemilu 2024. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi dan mengkaji konten akun Instagram @cokipardedebebas dalam mempromosikan pasangan Prabowo-Gibran untuk memenangkan pemilu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis isi kualitatif. Metode analisis isi biasanya digunakan untuk menelit i dokumen yang berupa teks, gambar, simbol dan sebagainya untuk memaha mi budaya dari suatu konteks sosial tertentu. Berdasar hasil pengolahan data menggunakan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), penelitian ini menemukan bahwa konten pada akun tersebut berhasil menarik perhatian, membangkitkan ketertarikan, memicu keinginan, dan mendorong tindakan responsif dari penonton. Akun tersebut juga sesuai dengan pendekatan marketing politik yang disebut Pass Marketing karena menggunakan influencer dalam promosi politik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media sosial, Influencer, Promosi Politik | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Nov 2024 07:20 | ||
Last Modified: | 01 Nov 2024 07:20 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27739 |
Actions (login required)
View Item |