ANALISIS KONTEN INSTAGRAM AKUN @COKIPARDEDEBEBAS SEBAGAI MEDIA PROMOSI PEMENANGAN PEMILU PASANGAN PRABOWO-GIBRAN

Dluha, Muhammad (2024) ANALISIS KONTEN INSTAGRAM AKUN @COKIPARDEDEBEBAS SEBAGAI MEDIA PROMOSI PEMENANGAN PEMILU PASANGAN PRABOWO-GIBRAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (948kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (705kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)

Abstract

Media sosial menjadi peran penting dalam promosi politik, salah satunya pada kampanye jelang pemilu. Influencer juga memiliki peran dalam promosi politik, seperti yang dilakukan oleh Coki Pardede. Coki adalah seorang komika sekaligus influencer yang mendukung pasangan Prabowo-Gibran dalam pemilu 2024. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi dan mengkaji konten akun Instagram @cokipardedebebas dalam mempromosikan pasangan Prabowo-Gibran untuk memenangkan pemilu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis isi kualitatif. Metode analisis isi biasanya digunakan untuk menelit i dokumen yang berupa teks, gambar, simbol dan sebagainya untuk memaha mi budaya dari suatu konteks sosial tertentu. Berdasar hasil pengolahan data menggunakan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), penelitian ini menemukan bahwa konten pada akun tersebut berhasil menarik perhatian, membangkitkan ketertarikan, memicu keinginan, dan mendorong tindakan responsif dari penonton. Akun tersebut juga sesuai dengan pendekatan marketing politik yang disebut Pass Marketing karena menggunakan influencer dalam promosi politik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purnamasari, Novita Ika
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Influencer, Promosi Politik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Nov 2024 07:20
Last Modified: 01 Nov 2024 07:20
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27739

Actions (login required)

View Item View Item