ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA BERBASIS SENTIMEN PADA APLIKASI PEDULILINDUNGI

Saputri, Yola Suci Shelna (2022) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA BERBASIS SENTIMEN PADA APLIKASI PEDULILINDUNGI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (910kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
fiks - Publikasi-18.96.0517-Yola Suci Shelna Saputri - Yola Suci Shelna Saputri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)

Abstract

Pengguna biasanya membaca ulasan pengguna lain dan reputasi aplikasi sebelum mengunduh aplikasi. Hal ini membuat analisis komentar pengguna sangat menarik bagi pemilik aplikasi untuk membuat kepuasan dimasa mendatang. PeduliLindungi adalah aplikasi pelacak covid-19 yang digunakan secara resmi kontak digital indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon masyarakat terhadap aplikasi pedulilindungi dengan mengelompokan tanggapan tersebut menjadi positif dan negatif, kemudian dari tanggapan positif dan negatif akan dikelompokan menggunkan teori somers et al 2003 untuk menentukan kepuasan pengguna berdasarkan 5 indikator yaitu content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Data ulasan yang digunakan sejumlah 1200 data dimana 69.9 % dari jumlah 839 ulasan berlabel negatif dan 30.1 % dari jumlah 361 ulasan berlabel positif. Dari hasil analisis ulasan positif menggunakan indikator kepuasan pengguna, indikator terbanyak untuk content sebesar 59,6% diikuti dengan indikator accuracy yang memiliki 5,0% ,format yang memiliki hasil 5,3% , ease of use mmiliki hasil 24,4% dan timeliness yang memiliki hasil 12,3%. Dari hasil analisa ulasan negatif menggunakan indikator kepuasan pengguna, indikator terbanyak untuk content sebesar 52,7% diikuti dengan indikator accuracy yang memiliki hasil 13,1% ,format memiliki hasil 4,9% , ease of use miliki hasil 17,0% dan timeliness memiliki hasil 12,3%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Saputra, Erik Hadi
Uncontrolled Keywords: Sentimen, User Review, Kepuasan Pengguna, Aplikasi PeduliLindungi, Google Play Store
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:46
Last Modified: 21 Aug 2023 06:04
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item