IMPLEMENTASI MARKET BASKET ANALYSIS (MBA) UNTUK BUNDLING

Wicaksono, Satrio Arif (2024) IMPLEMENTASI MARKET BASKET ANALYSIS (MBA) UNTUK BUNDLING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3744.zip
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)

Abstract

Dalam era digital dan persaingan pasar yang semakin ketat saat ini, bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang kuat untuk meningkatkan penjualan dan membuat pelanggan puas. Market Basket Analysis (MBA) adalah metode analisis data yang digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara produk yang sering dibeli bersama dan pola pembelian pelanggan. Market Basket Analysis (MBA) untuk bundling sangat relevan karena dapat membantu perusahaan membuat paket produk yang menarik, meningkatkan penjualan, dan membuat pelanggan puas setinggi mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menggunakan Market Basket Analysis (MBA) untuk strategi bundling dapat meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan di industri ritel dan e-commerce. Dengan memahami pola pembelian konsumen dan mengetahui hubungan antara produk yang sering dibeli bersama, perusahaan diharapkan dapat mengoptimalkan manajemen inventaris, membuat paket produk yang menarik, dan meningkatkan loyalitas dan keberlanjutan bisnis di pasar yang semakin kompetitif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil yang memenuhi nilai minimum support 5%, nilai minimum confidence 70%, dan nilai lift lebih dari 1. Produk (Personal Care, Accessories) dengan produk (Footwear, Apparel) dengan nilai support 7%, nilai confidence 70%, dan nilai lift sebesar 2.17.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rumini, Rumini
Uncontrolled Keywords: Support, Confidence, Market Basket Analysis, Bundling
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:07
Last Modified: 30 Jul 2024 02:07
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26566

Actions (login required)

View Item View Item