Utami, Adinda Wirya (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGIKLAN DI RADIO MQ FM YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (872kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (292kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (893kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
Abstract
Radio sebagai media konvensional di era digital pastinya menghadapi tantangan yang lebih untuk menjaga eksistensinya dalam menaikan jumlah pengiklan. Para lembaga penyiaran radio harus menyesuaikan diri dengan teknologi dan bersaing dengan stasiun radio lainnya. Pendekatan yang dapat diterapkan adalah dengan memperluas jangkauan radio melalui platform online, dan siaran langsung. Hal tersebut mengharuskan perusahaan penyiaran radio untuk merancang strategi komunikasi pemasaran untuk mempromosikan perusahaan yang dimiliki. Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Pengiklan di Radio MQ FM Yogyakarta”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Bauran Komunikasi Pemasaran dalam meningkatkan jumlah pengiklan di Radio MQ FM Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pengiklan di Radio MQ FM Yogyakarta yang mana penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Radio MQ FM Yogyakarta menggunakan hampir semua kegiatan elemen bauran komunikasi pemasaran yaitu periklanan, promosi penjualan, acara dan pengalaman, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, dan penjualan perorangan dalam strategi meningkatkan jumlah pengiklan. Ada beberapa kegiatan yang lebih sering dilakukan, yaitu periklanan melalui media sosial dan internet, kegiatan penjualan tatap muka secara langsung, serta pemasaran langsung sebagai tindak lanjut dari berbagai aktivitas pemasaran lainnya. Namun ada beberapa elemen yang perlu ditingkatkan yatu kegiatan acara dan publisitas dan pemaksimal penggunaan digital platform dalam pemasaran interaktif untuk menciptakan interaksi. Bedasarkan dari hasil penelitian tersebut maka penulis menyimpulkan bahwa kegiatan bauran komunikasi pemasaran yang maksmial dapat memberi efek pada pencapaian target perushaan diantaranya kepercayaan konsumen yang berdampak pada peningkatan jumlah pengiklan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, Radio, Jumlah Pengiklan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 03:18 | ||
Last Modified: | 25 Jul 2024 03:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26477 |
Actions (login required)
View Item |