Patria, Lutviano Ega (2024) {SKEMA ARTIS} STRATEGI PENERAPAN TEKNIK EDITING GAMBAR DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK BERMEDIA: CYBERBULLYING”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (826kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (77kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
Abstract
Iklan Layanan Masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi yang penting bagi masyarakat dan tidak bertujuan untuk keuntungan komersial, tetapi untuk meningkatkan kesadaran, mengedukasi, atau mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam suatu program atau kegiatan yang bermanfaat. Pembuatan karya ini bertujuan untuk memaparkan tugas seorang editor dalam proses pembuatan iklan layanan masyarakat “Bijak Bermedia: Cyberbullying”. Dalam menghasilkan sebuah iklan layanan masyarakat, strategi penerapan teknik editing gambar menjadi salah satu peran penting yang harus ada. Dengan menerapkan teknik editing gambar dapat menciptakan karya yang memiliki alur cerita yang kohesif, ritme yang tepat, dan efek visual yang sesuai. Teori yang digunakan dalam iklan layanan masyarakat ini adalah teori psikologi persepsi, yang dimana teori ini dapat diaplikasikan kepada unit desain visual sederhana seperti gambar, poster, lukisan, atau bidang kerja desain yang terbatas. Hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa dalam teknik editing meliputi aspek editing (kontinuitas grafik, aspek ritmik, spasial dan temporal), bentuk editing (cut,dissolve, fade-in/out, serta wipe, efek visual dan suara). Produksi iklan layanan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahayannya penggunaan media sosial secara tidak bijak, dengan memanfaatkan teknik editing.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Iklan Layanan Masyarakat, Teknik Editing Gambar, Editor | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 01:23 | ||
Last Modified: | 30 Oct 2024 07:51 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26416 |
Actions (login required)
View Item |