{SKEMA ARTIS} STRATEGI PENERAPAN TEKNIK EDITING GAMBAR DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK BERMEDIA: CYBERBULLYING”

Patria, Lutviano Ega (2024) {SKEMA ARTIS} STRATEGI PENERAPAN TEKNIK EDITING GAMBAR DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK BERMEDIA: CYBERBULLYING”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (826kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)

Abstract

Iklan Layanan Masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi yang penting bagi masyarakat dan tidak bertujuan untuk keuntungan komersial, tetapi untuk meningkatkan kesadaran, mengedukasi, atau mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam suatu program atau kegiatan yang bermanfaat. Pembuatan karya ini bertujuan untuk memaparkan tugas seorang editor dalam proses pembuatan iklan layanan masyarakat “Bijak Bermedia: Cyberbullying”. Dalam menghasilkan sebuah iklan layanan masyarakat, strategi penerapan teknik editing gambar menjadi salah satu peran penting yang harus ada. Dengan menerapkan teknik editing gambar dapat menciptakan karya yang memiliki alur cerita yang kohesif, ritme yang tepat, dan efek visual yang sesuai. Teori yang digunakan dalam iklan layanan masyarakat ini adalah teori psikologi persepsi, yang dimana teori ini dapat diaplikasikan kepada unit desain visual sederhana seperti gambar, poster, lukisan, atau bidang kerja desain yang terbatas. Hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa dalam teknik editing meliputi aspek editing (kontinuitas grafik, aspek ritmik, spasial dan temporal), bentuk editing (cut,dissolve, fade-in/out, serta wipe, efek visual dan suara). Produksi iklan layanan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahayannya penggunaan media sosial secara tidak bijak, dengan memanfaatkan teknik editing.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurussa'adah, Erfina
Uncontrolled Keywords: Iklan Layanan Masyarakat, Teknik Editing Gambar, Editor
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:23
Last Modified: 30 Oct 2024 07:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26416

Actions (login required)

View Item View Item