Trisdinata, Moreno Bintang (2024) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PROSES KREATIF SUTRADARA DALAM MEREALISASIKAN PESAN DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK BERMEDIA: CYBERBULLYING”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (275kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (90kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) |
Abstract
Sutradara adalah seseorang yang bertanggungjawab sekaligus mengarahkan dalam proses pembuatan karya audio visual, baik itu dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis proses kreatif sutradara dalam merealisasikan pesan dalam iklan layanan masyarakat (ILM) berjudul "Bijak Bermedia: Cyberbullying". Fokus utama penelitian ini adalah mengungkap bagaimana sutradara memanfaatkan elemen-elemen kreatif seperti teknik sinematografi dan narasi visual untuk menyampaikan pesan anti cyberbullying kepada audiens. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis Iklan AIDCA oleh Jefkins. AIDCA yang menjadi acuan dalam terealisasinya pesan dalam ILM ini, merupakan singkatan dari attention (perhatian), interest (ketertarikan), desire (keinginan), conviction (Keyakinan), dan action (tindakan). Hasil penelitian menyoroti tentang pentingnya keputusan kreatif sutradara dalam pemilihan adegan, visual, dan pesan naratif yang mendalam untuk mencapai tujuan komunikasi yang diinginkan. Diharapkan temuan penelitian ini dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana proses kreatif sutradara dalam proses pembuatan iklan layanan masyarakat agar pesannya bisa terkomunikasikan dengan baik terhadap audiens.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Proses Kreatif Sutradara, Iklan Layanan Masyarakat, AIDCA, Cyberbullying | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 07:34 | ||
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:59 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26414 |
Actions (login required)
View Item |