{SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PROSES KREATIF SUTRADARA DALAM MEREALISASIKAN PESAN DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK BERMEDIA: CYBERBULLYING”

Trisdinata, Moreno Bintang (2024) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PROSES KREATIF SUTRADARA DALAM MEREALISASIKAN PESAN DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK BERMEDIA: CYBERBULLYING”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)

Abstract

Sutradara adalah seseorang yang bertanggungjawab sekaligus mengarahkan dalam proses pembuatan karya audio visual, baik itu dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis proses kreatif sutradara dalam merealisasikan pesan dalam iklan layanan masyarakat (ILM) berjudul "Bijak Bermedia: Cyberbullying". Fokus utama penelitian ini adalah mengungkap bagaimana sutradara memanfaatkan elemen-elemen kreatif seperti teknik sinematografi dan narasi visual untuk menyampaikan pesan anti cyberbullying kepada audiens. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis Iklan AIDCA oleh Jefkins. AIDCA yang menjadi acuan dalam terealisasinya pesan dalam ILM ini, merupakan singkatan dari attention (perhatian), interest (ketertarikan), desire (keinginan), conviction (Keyakinan), dan action (tindakan). Hasil penelitian menyoroti tentang pentingnya keputusan kreatif sutradara dalam pemilihan adegan, visual, dan pesan naratif yang mendalam untuk mencapai tujuan komunikasi yang diinginkan. Diharapkan temuan penelitian ini dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana proses kreatif sutradara dalam proses pembuatan iklan layanan masyarakat agar pesannya bisa terkomunikasikan dengan baik terhadap audiens.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurussa'adah, Erfina
Uncontrolled Keywords: Proses Kreatif Sutradara, Iklan Layanan Masyarakat, AIDCA, Cyberbullying
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:34
Last Modified: 21 Oct 2024 02:59
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26414

Actions (login required)

View Item View Item