Santosa, Mi’raj (2020) PEMBUATAN VIDEO IKLAN MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI APH TOUR & TRAVEL MAGELANG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (680kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (916kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-15.12.8601-Miraj Santosa - Mi'raj Santosa.rar Restricted to Repository staff only Download (107MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-15.12.8601-Miraj Santosa - Mi'raj Santosa.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
APH Tour & Travel Magelang merupakan usaha agen travel yang berada di provinsi Jawa Tengah yang tepatnya berlokasi di Magelang Utara. Agen ini bergerak dibidang travel yang menyediakan produk dan jasa berupa tiket pesawat, tiket shuttle daytrans, paket umroh, dan wisata. Dalam mengembangkan usahanya, APH Tour & Travel Magelang melakukan berbagai promosi seperti travel lain. Bentuk promosi yang dilakukan yaitu melalui kartu nama, brosur, website dan media sosial seperti instagram dan facebook. Media promosi yang digunakan saat ini dirasa sudah cukup, tetapi belum mampu menyampaikan informasi yang detail serta keunggulan-keunggulan produk dan jasa yang dimiliki. Dari permasalahan tersebut diusulkan pembuatan media promosi video iklan dengan menggunakan teknik motion graphic. Dengan teknik ini diharapkan dapat memvisualisasikan data menggunakan gambar, audio, video yang berisi informasi secara sederhana tanpa mengurangi informasi yang ada sebagai pendukung media promosi yang lama. Dengan adanya video iklan akan mampu memberikan informasi tentang produk dan jasa yang disediakan APH Tour & Travel Magelang secara jelas. Metode analisis yang digunakan berupa analisis SWOT (Strength, Weakness, Oppoturnities, and Threats) dan analisis kebutuhan. Hasil penelitian berupa video iklan motion graphic yang ditujukan untuk mendukung penyajian promosi dan informasi pada APH Tour & Travel Magelang. Video iklan motion graphic memiliki keunggulan yaitu dapat mencakup lima unsur multimedia sekaligus, yaitu video, teks, gambar, animasi dan suara. Pengemasan visualisasi dengan video iklan motion graphic akan mampu menyampaikan informasi tentang APH Tour & Travel Magelang secara jelas. Berdasarkan hasil perhitungan Skala Likert pada pendataan kuesioner yang telah dilakukan oleh pihak APH Tour & Travel Magelang dan masyarakat umum, penilaian dari pihak APH Tour & Travel Magelang mendapatkan nilai presentase (88%) jumlah responden 1 orang dengan kriteria penilaian sangat baik. Sedangkan penilaian dari pihak masyarakat umum mendapatkan nilai presentase (91,4%) jumlah responden 15 orang dengan kriteria penilaian sangat baik. Sehingga video iklan motion graphic ini dapat dan layak untuk ditayangkan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Motion Graphic, Multimedia, Video Iklan | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Jun 2022 02:46 | ||
Last Modified: | 16 Aug 2023 06:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2637 |
Actions (login required)
View Item |