Salsabila, Nafila (2024) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL SINAR AGUNG MAKASSAR SEBAGAI MEDIA BRANDING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (927kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (384kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (78kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
Abstract
Identitas visual merupakan salah satu hal yang penting dalam mempresentasikan sebuah merek atau entitas secara visual kepada publik. Dengan memperhatikan identitas visual, UMKM dapat memperkuat citra merek, meningkatkan daya tarik produk, dan membedakan diri dari pesaing di pasar yang kompetitif. Penulis mengambil mitra Sinar Agung Makassar karena mitra memiliki potensi untuk berkembang lebih besar lagi. Namun sejak awal berdirinya mitra tersebut, Sinar Agung belum memiliki identitas visual yang kuat, sehingga berpengaruh pada penerapan medium branding dan pendapatan. Aspek identitas visual yang melibatkan komposisi graphic standard manual yang mencakup logo, warna, tipografi, dan pattern dengan acuan dari hasil diskusi antara penulis dan mitra dengan mengacu pada target audience, domisili serta referensi yang telah disepakati. Logo yang dirancang mencerminkan ciri Sinar Agung Makassar seperti stationary dan alat percetakan. Logo berjenis pictorial mark dengan tipografi font Rocwell Condensed menciptakan kesan yang tegas dan geometris. Palet warna biru, merah dan hijau yang memiliki arti psikologis kepercayaan, keamanan, semanagat, berani, dan tumbuh sesuai dengan filosofi Sinar Agung Makassar. Diharapkan dengan adanya identitas visual ini dapat membuka kesempatan bagi Sinar Agung Makassar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Selanjutnya hasil dari desain logo yang telah dibuat akan diimplementasikan pada beberapa medium seperti seragam karyawan, kartu nama, banner, id card, kantong plastik, nota, kalender, baju karyawan, stationary dan kop surat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Identitas Visual, Logo, Branding, Graphic Standard Manual, Sinar Agung Makassar | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 07:49 | ||
Last Modified: | 16 Oct 2024 06:25 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26340 |
Actions (login required)
View Item |