PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL SINAR AGUNG MAKASSAR SEBAGAI MEDIA BRANDING

Salsabila, Nafila (2024) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL SINAR AGUNG MAKASSAR SEBAGAI MEDIA BRANDING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (927kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)

Abstract

Identitas visual merupakan salah satu hal yang penting dalam mempresentasikan sebuah merek atau entitas secara visual kepada publik. Dengan memperhatikan identitas visual, UMKM dapat memperkuat citra merek, meningkatkan daya tarik produk, dan membedakan diri dari pesaing di pasar yang kompetitif. Penulis mengambil mitra Sinar Agung Makassar karena mitra memiliki potensi untuk berkembang lebih besar lagi. Namun sejak awal berdirinya mitra tersebut, Sinar Agung belum memiliki identitas visual yang kuat, sehingga berpengaruh pada penerapan medium branding dan pendapatan. Aspek identitas visual yang melibatkan komposisi graphic standard manual yang mencakup logo, warna, tipografi, dan pattern dengan acuan dari hasil diskusi antara penulis dan mitra dengan mengacu pada target audience, domisili serta referensi yang telah disepakati. Logo yang dirancang mencerminkan ciri Sinar Agung Makassar seperti stationary dan alat percetakan. Logo berjenis pictorial mark dengan tipografi font Rocwell Condensed menciptakan kesan yang tegas dan geometris. Palet warna biru, merah dan hijau yang memiliki arti psikologis kepercayaan, keamanan, semanagat, berani, dan tumbuh sesuai dengan filosofi Sinar Agung Makassar. Diharapkan dengan adanya identitas visual ini dapat membuka kesempatan bagi Sinar Agung Makassar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Selanjutnya hasil dari desain logo yang telah dibuat akan diimplementasikan pada beberapa medium seperti seragam karyawan, kartu nama, banner, id card, kantong plastik, nota, kalender, baju karyawan, stationary dan kop surat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: Identitas Visual, Logo, Branding, Graphic Standard Manual, Sinar Agung Makassar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:49
Last Modified: 16 Oct 2024 06:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26340

Actions (login required)

View Item View Item