PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KEBUDAYAAN UNTUK MENGENAL KEBUDAYAAN SUKU PASER SDN 001 KUARO KALIMANTAN TIMUR

Arifnur, Hafizh Aljabar (2020) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KEBUDAYAAN UNTUK MENGENAL KEBUDAYAAN SUKU PASER SDN 001 KUARO KALIMANTAN TIMUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (516kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-15.12.8469-Hafizh Aljabar Arifnur - Hafizh Aljabar Arifnur.rar
Restricted to Repository staff only

Download (181MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-15.12.8469-Hafizh Aljabar Arifnur - Hafizh Aljabar Arifnur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam Skripsi ini adalah membuat interaktif pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Untuk Anak SDN 001 Kuaro. Hal ini dilator belakangi oleh kurangnya informasi pengenalan terhadap Kebudayaan Suku Paser seperti halnya rumah adat, pakaian adat, alat music daerah, dan lagu daerah kepada anak SDN 001 Kuaro. Sekolah Dasar adalah awal jenjang pendidikan formal yang ditetapkan di Indonesia yang ditempuh selama 6 tahun, yaitu mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Siswa sekolah dasar pada umumnya berusia diantara 7-12 tahun, pada tahap ini ilmu yang diajarkan adalah dasar ilmu yang kemudia akan terus dikembangkan hingga sekolah menengan pertama dan sekolah menengah atas, Dalam usia inilah pendidikan mengenai ragam budaya diperkenalkan yaitu dalam cabang mata pelajaran Seni Budaya. Multimedia Interaktif adalah suatu media yang terdiri dari banyak komponen atau media yang terhubung satu sama lain dan mampu berinteraksi. Pengajaran media dalam bentuk multimedia interaktif memiliki kemampuan untuk menyimpan audio visual data, membuat multimedia interaktif khususnya interaktif pembelajaran sebagai pendukung metode pembelajaran kovensional yang dulu disampaikan melalui buku dan penjelasan langsung tanpa contoh dianggap kurang mudah dicerna oleh anak – anak, sehingga diharapkan pemanfaatan media CD interaktif yagn bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dapat menjelaskan bahwa media pembelajaran interaktif mampu memberikan informasi dengan lebih menarik dan menyenangkan dari pada harus mengarkan materu yang diberikan oleh pendidik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Dahlan, Akhmad
Uncontrolled Keywords: Ragam Budaya, Sekolah Dasar, Interaktif Pembelajaran, Cultural Diversity, Elementary Schools, Interactive Learning
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Jun 2022 02:39
Last Modified: 16 Aug 2023 06:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2631

Actions (login required)

View Item View Item