{JALUR ENTREPRENEURSHIP – BUSINESS PLAN} STRATEGI PENGEMBANGAN AFFA CREATIVE ID

Nugroho, Arif Wahyu (2024) {JALUR ENTREPRENEURSHIP – BUSINESS PLAN} STRATEGI PENGEMBANGAN AFFA CREATIVE ID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (564kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)

Abstract

UMKM menghadapi sejumlah permasalahan, termasuk keterbatasan modal, keterampilan pemasaran, dan kurangnya akses teknologi. Kendala ini menghambat pertumbuhan dan daya saing, memerlukan solusi terjangkau dan inovatif, seperti yang dirasakan oleh beberapa pengusaha yang telah berkonsultasi dengan Affa Creative ID yang memiliki misi membantu UMKM Fokus utamanya adalah meningkatkan profesionalisme dan pertumbuhan bisnis UMKM. Analisis menggunakan kerangka Porter, BMC dan SWOT mengungkapkan persaingan yang signifikan di industri ini, dengan kehadiran pesaing sejenis dan produk substitusi. Meskipun begitu, Affa Creative ID memiliki keunggulan dengan menyasar target pelanggan berusia 18-45 tahun, pengusaha yang membutuhkan kreativitas dalam pemasaran di pasar lokal di Yogyakarta hingga Indonesia. Strategi akuisisi pasar melibatkan bonus layanan, penawaran khusus, dan penyesuaian paket sesuai dengan anggaran pelanggan. Dalam mencapai milestone bisnisnya, Affa Creative ID merencanakan penawaran bonus, penawaran spesial, paket yang fleksibel, dan penelitian dan pengembangan terus-menerus untuk menaikkan pertumbuhan UMKM. Dalam kurun waktu 6 bulan, perusahaan berfokus pada peningkatan pelayanan dan keunggulan kompetitif. Selanjutnya, dalam rencana satu tahun, ekspansi pasar dan diversifikasi layanan menjadi poin utama. Skripsi ini berfungsi sebagai kontribusi untuk memahami potensi dan tantangan Affa Creative ID dalam mendukung pertumbuhan UMKM melalui desain branding dan pemasaran.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurhayanto, Nurhayanto
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Strategi Pemasaran, Business Model Canvas, Analisis Porter, Analisis SWOT
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:21
Last Modified: 17 Jul 2024 01:21
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26272

Actions (login required)

View Item View Item