Nugroho, Arif Wahyu (2024) {JALUR ENTREPRENEURSHIP – BUSINESS PLAN} STRATEGI PENGEMBANGAN AFFA CREATIVE ID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (564kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (230kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (40kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
Abstract
UMKM menghadapi sejumlah permasalahan, termasuk keterbatasan modal, keterampilan pemasaran, dan kurangnya akses teknologi. Kendala ini menghambat pertumbuhan dan daya saing, memerlukan solusi terjangkau dan inovatif, seperti yang dirasakan oleh beberapa pengusaha yang telah berkonsultasi dengan Affa Creative ID yang memiliki misi membantu UMKM Fokus utamanya adalah meningkatkan profesionalisme dan pertumbuhan bisnis UMKM. Analisis menggunakan kerangka Porter, BMC dan SWOT mengungkapkan persaingan yang signifikan di industri ini, dengan kehadiran pesaing sejenis dan produk substitusi. Meskipun begitu, Affa Creative ID memiliki keunggulan dengan menyasar target pelanggan berusia 18-45 tahun, pengusaha yang membutuhkan kreativitas dalam pemasaran di pasar lokal di Yogyakarta hingga Indonesia. Strategi akuisisi pasar melibatkan bonus layanan, penawaran khusus, dan penyesuaian paket sesuai dengan anggaran pelanggan. Dalam mencapai milestone bisnisnya, Affa Creative ID merencanakan penawaran bonus, penawaran spesial, paket yang fleksibel, dan penelitian dan pengembangan terus-menerus untuk menaikkan pertumbuhan UMKM. Dalam kurun waktu 6 bulan, perusahaan berfokus pada peningkatan pelayanan dan keunggulan kompetitif. Selanjutnya, dalam rencana satu tahun, ekspansi pasar dan diversifikasi layanan menjadi poin utama. Skripsi ini berfungsi sebagai kontribusi untuk memahami potensi dan tantangan Affa Creative ID dalam mendukung pertumbuhan UMKM melalui desain branding dan pemasaran.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengembangan, Strategi Pemasaran, Business Model Canvas, Analisis Porter, Analisis SWOT | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 01:21 | ||
Last Modified: | 17 Jul 2024 01:21 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26272 |
Actions (login required)
View Item |