Shodiq, Burhan Naufal Jauhar (2024) PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN OLEH FUNSCOOT KALIURANG DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (732kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (67kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
Abstract
Perubahan gaya hidup masyarakat di era modern ini mengakibatkan bertambahnya jumlah pengusaha yang menciptakan ide kreatif guna memenuhi keinginan konsumen. Mengetahui hal tersebut menyebabkan mulai berkembangnya bisnis skuter, salah satunya FunScoot Kaliurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi pemasaran oleh FunScoot Kaliurang dalam mempertahankan bisnis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data model Miles dan Huberman. Menurut mereka, analisis data kualitatif adalah mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Subyek dari penelitian ini adalah owner, karyawan, dan konsumen FunScoot Kaliurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran FunScoot dalam mempertahankan bisnis dilakukan dengan 3 tahap, yaitu perencanaan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi. Tahap perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan FunScoot adalah mengidentifikasi sasaran audiens, mengetahui tujuan komunikasi pemasaran, menganalisis mengunakan SWOT, dan memililih saluran komunikasi pemasaran. Tahap pelaksanaan strategi komunikasi yang dilakukan FunScoot menggunakan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Intergrated Marketing Communications) yaitu, periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), humas dan publikasi (Publicrelation &Publicity), penjualan perseorangan (personal selling) dan pemasaran langsung (direct marketing). Tahap evaluasi dilakukan FunScoot untuk melihat hasil dari perencanaan dan pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan FunScoot serta untuk menjadi bahan pertimbangan dalam membenahi proses komunikasi pemasaran yang dilakukan
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, Mempertahankan Bisnis, Skuter | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 06:26 | ||
Last Modified: | 30 Sep 2024 06:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26227 |
Actions (login required)
View Item |