PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN OLEH FUNSCOOT KALIURANG DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS

Shodiq, Burhan Naufal Jauhar (2024) PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN OLEH FUNSCOOT KALIURANG DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (732kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)

Abstract

Perubahan gaya hidup masyarakat di era modern ini mengakibatkan bertambahnya jumlah pengusaha yang menciptakan ide kreatif guna memenuhi keinginan konsumen. Mengetahui hal tersebut menyebabkan mulai berkembangnya bisnis skuter, salah satunya FunScoot Kaliurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi pemasaran oleh FunScoot Kaliurang dalam mempertahankan bisnis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data model Miles dan Huberman. Menurut mereka, analisis data kualitatif adalah mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Subyek dari penelitian ini adalah owner, karyawan, dan konsumen FunScoot Kaliurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran FunScoot dalam mempertahankan bisnis dilakukan dengan 3 tahap, yaitu perencanaan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi. Tahap perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan FunScoot adalah mengidentifikasi sasaran audiens, mengetahui tujuan komunikasi pemasaran, menganalisis mengunakan SWOT, dan memililih saluran komunikasi pemasaran. Tahap pelaksanaan strategi komunikasi yang dilakukan FunScoot menggunakan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Intergrated Marketing Communications) yaitu, periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), humas dan publikasi (Publicrelation &Publicity), penjualan perseorangan (personal selling) dan pemasaran langsung (direct marketing). Tahap evaluasi dilakukan FunScoot untuk melihat hasil dari perencanaan dan pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan FunScoot serta untuk menjadi bahan pertimbangan dalam membenahi proses komunikasi pemasaran yang dilakukan

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Kalis
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Mempertahankan Bisnis, Skuter
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:26
Last Modified: 30 Sep 2024 06:18
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26227

Actions (login required)

View Item View Item