Ramadhan, Fajar (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI TEKNIK GREASE PENSIL DALAM PEMBUATAN ANIMATIC ANIMASI GERAK 3D "ADA MADA" PADA SCENE "BERJEMPALITAN PULANG KE RUMAH MADA". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (89kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (47kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Jalur Magang Artist Sourcecode - Fajar Ramadhan.zip Restricted to Repository staff only Download (87MB) |
Abstract
Animatic adalah elemen krusial dalam produksi animasi tiga dimensi. Tanpa animatic, tim tidak memiliki panduan yang jelas dalam menciptakan animasi 3D. Proses pembuatan animatic sering melibatkan seniman yang menggambar konsepnya di dalam aplikasi seni digital, yang kadang-kadang memakan waktu yang signifikan. Namun, dalam industri animasi, efisiensi dan mematuhi standar yang telah ditetapkan adalah tuntutan utama, yang mengharuskan tim bekerja dengan cepat. Gambar bebas tangan adalah salah satu cara yang paling fleksibel dan efisien untuk mengungkapkan ide-ide kreatif. Namun, seringkali juga dapat menjadi pekerjaan yang membosankan dan menantang secara teknis untuk menganimasikan lingkungan dimensional yang kompleks atau koreografi dinamis. Penulis menyajikan studi kasus tentang bagaimana alat gambar bebas tangan dapat diintegrasikan ke dalam platform pembuatan konten 3D dari Pembuatan Storyboard/Animatic untuk mendapatkan manfaat dari kedua dunia tersebut. Peluang kreatif dan tantangan dalam mencapai jenis integrasi ini dibahas. penulis juga menyajikan contoh dari film pendek yang menunjukkan potensi bagaimana teknik-teknik ini dapat diterapkan dalam lingkungan pra-produksi. Tujuan dari tulisan ini adalah menyajikan suatu pendekatan yang lebih cepat dan efisien dalam proses pembuatan Animatic. Pendekatan ini menggunakan aset 3D yang sudah dibuat dan memanfaatkan fitur Grease Pencil dalam aplikasi Blender. Hal ini memungkinkan pembuatan Animatic dilakukan secara simultan dengan tahap produksi lainnya. Metode ini akan diterapkan dalam konteks pembuatan animasi tiga dimensi yang berjudul Ada Mada terutama pada scene “Berjempalitan Pulang ke Rumah Mada” pada software Blender. Hasil dari penulisan ini adalah dokumen dokumentasi dari pelaksanaan metode pembuatan storyboard dengan memanfaatkan fitur Grease Pencil di aplikasi Blender .Penulis berharap bahwa karya tulis ini dapat menjadi sumber belajar yang berguna dan referensi berharga dalam mengembangkan animasi tiga dimensi serta sebagai panduan dalam penulisan karya tulis lainnya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi, Grease Pencil, 3D, Storyboard, Blender | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Apr 2024 03:05 | ||
Last Modified: | 30 Apr 2024 03:05 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25311 |
Actions (login required)
View Item |