Adji, Bima Poernomo (2022) REPRESENTASI MAKNA UJI, LACAK, DAN VAKSINASI DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIK PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “TOGETHER, TOWARD’S A NEW NORMAL”). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (500kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (97kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
fiks - Publikasi_17.96.0201_Bima Poernomo Adji - Bima Poernomo Adji.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
Abstract
Hadirnya COVID-19 memaksa manusia untuk menciptakan jarak antar individu dan mengubah pola hidup secara drastis. Ditengah duka akibat korban terus berjatuhan sampai pemberitaan masif terkait virus yang memborbardir di media massa selama bertahun-tahun, turut mempengaruhi psikologis masyarakat. Hal ini menjadi tanggung jawab Pemerintah Singapura untuk mengatasi situasi dengan membuat pengarahan keselamatan pertama di Singapura melalui Iklan Layanan Masyarakat yang berjudul “Together, Toward’s a New Normal”. Iklan ini menarik untuk diteliti karena latar belakang pembuatan iklan dan fenomena yang dihasilkan pasca diunggah di media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis Semiotika (semiotic approach) yang mengacu pada teori Roland Barthes. Dengan fokus penelitian mengungkap pemaknaan semiotika pada iklan layanan masyarakat “Together Toward’s a New Normal”, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Untuk mengkaji makna dari tanda-tanda yang ada pada adegan per adegan iklan tersebut, pemilihan teori semiotika milik Roland Barthes pun cocok karena berkaitan erat dengan konten yang berbasis audio-visual yang menganalisis makna iklan dari tanda–tanda dan berfokus pada signifikasi tiga tahap, yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Ketiga tahap tersebut akan diklasifikasikan menjadi tiga tema sesuai dengan tagline Iklan Layanan Masyarakat “Together, Toward’s a New Normal” yaitu Test, Trace, Vaccinate (Uji, Lacak, dan Vaksinasi). Pendekatan dengan Semiotika Roland Barthes pada penelitian ini memberikan gambaran makna dari Uji, Lacak, dan Vaksinasi yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat saat ini. Makna Uji dapat dilihat melalui audio dan visual iklan tersebut yang menampilkan sisi tetap menjalankan protokol kesehatan ketika bekerja, pentingnya melakukan pengujian COVID-19 secara rutin, dan terdapat beragam metode pengujian COVID-19. Sedangkan makna Lacak dapat dilihat dengan penggunaan alat pelacak COVID-19 ketika beraktivitas di luar rumah yang dianjurkan, serta pelacakan kontak yang merupakan hal fundamental untuk keamanan bersama. Selanjutnya makna Vaksinasi dapat dilihat dengan efek dari vaksinasi yang diantaranya ialah menambah imun tubuh, kelompok usia tua maupun muda sudah saatnya mengikuti vaksinasi di lokasi pusat vaksinasi yang ditentukan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Iklan Layanan Masyarakat, Semiotika, Makna, Persuasif | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Jun 2022 03:10 | ||
Last Modified: | 21 Aug 2023 04:13 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/253 |
Actions (login required)
View Item |