Firmansyah, Muhammad Alif (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} PEMBUATAN GAMBAR SELA PADA ADEGAN PERTARUNGAN TANGAN KOSONG DALAM ANIMASI 2 DIMENSI “ASMARA:MYTHICAL OF BORNEO”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (781kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (36kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Magang Artist Source Code - Muhammad Alif Firmansyah.zip Restricted to Repository staff only Download (47MB) |
Abstract
Animasi 2D adalah gambar berurutan yang ditata sedemikian rupa supaya menjadi terlihat hidup dan bergerak. Animasi 2D memiliki 2 elemen yaitu X-axis dan Y-axis, yaitu tipe animasi ini hanya dapat dilihat dari satu sisi saja dikarenakan tidak memiliki kedalaman atau Z-axis. Animasi dibuat untuk tujuan menampilkan suatu adegan cerita yang sulit atau mustahil dilakukan jika ditampilkan dalam bentuk live shoot. Dalam animasi 2D terdapat dua jenis gambar yaitu gambar kunci (keyframe), dan gambar sela (inbetween). Gambar sela (inbeetween) adalah gambar-gambar diatara dua gambar kunci (keyframe) yang bertujuan untuk memperhalus suatu gerakan. Penulis tertarik untuk membuat film animasi 2 dimensi yang berjudul “Asmara:Mythical of Borneo”. Film animasi pendek “Asmara:Mythical of Borneo” mengisahkan tentang sekelompok orang yang terdampar di pulau Kalimantan , dan raja yang berkuasa saat itu hendak menghukum mati mereka. Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan animasi 2D “Asmara:Mythical of Borneo” adalah Toonboom Harmony. Program ini memberikan fasilitas alat yang lengkap dan efektif untuk menghasilkan film animasi 2D. Tujuan dari pembuatan proyek akhir ini adalah untuk menjelaskan berbagai Teknik pembuatan gambar sela (inbetween) khususnya pada adegan pertarungan tangan kosong dalam animasi 2 dimensi menggunakan perangkat lunak Toonboom Harmony supaya mampu menghasilkan gerakan yang natural sesuai dengan gambar kunci (keyframe).
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Asmara:Mythical of Borneo, Animasi 2 Dimensi, Gambar Sela, Toonboom Harmony | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Apr 2024 01:39 | ||
Last Modified: | 30 Apr 2024 01:39 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25269 |
Actions (login required)
View Item |