Asyhari, Muhammad 'Izzul Islam (2024) {ENTREPRENEURSHIP-BUSINESS PLAN} ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS HAJJUL OLEH-OLEH HAJI DAN UMRAH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (125kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
Abstract
Konsumen utama Hajjul merupakan masyarakat yang tertarik dengan produk kurma sebagai produk utama dan jamaah haji dan umrah yang sering menghadapi masalah keterbatasan waktu dan aksesibilitas dalam mendapatkan produk khas dari Timur Tengah. Keterbatasan waktu dan aksesibilitas menjadi hambatan utama bagi jamaah haji dan umrah dalam memperoleh oleh-oleh khas Timur Tengah, terutama karena waktu yang terbatas dan rangkaian peribadatan serta terbatasnya akses jamaah Konsumen lokal yang tertarik dengan produk kurma juga mengalami masalah kelangkaan produk, terutama saat bulan Ramadhan. Hajjul hadir sebagai solusi atas masalah tersebut dengan menyediakan oleh-oleh dari tanah suci dengan memberikan efisiensi waktu dan biaya, serta menyediakan produk inovatif berupa paket bundling oleh-oleh haji dan umrah yang praktis. Untuk konsumen lokal, Hajjul juga memberikan solusi atas kelangkaan produk kurma dengan menyediakan produk dengan mudah dan membuka peluang bagi reseller, sehingga semakin luasnya jangkauan pemasaran. Hajjul berhasil menawarkan solusi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan konsumen, baik jamaah haji dan umrah maupun konsumen lokal. Komponen strategi pemasaran dengan marketing mix 4P memiliki pengaruh terhadap pengembangan pasar produk yang ditawarkan oleh Hajjul. Penentuan harga yang kompetitif, memperluas pasar melalui pemasaran online menggunakan media sosial dan promosi. Rencana pengembangan jangka pendek dan jangka panjang dengan analisis matriks SWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi pengembangan. Recana pengembangan jangka pendek mencakup penggunaan marketplace dan media sosial dalam pemasaran, penghadiran produk dengan beragam ukuran kemasan, dan promosi melalui media online dan offline. Rencana pengembangan jangka panjang mencakup inovasi produk turunan, peningkatan kapasitas penyimpanan, penambahan pemasok, pelayanan cepat, dan kerja sama dengan mitra untuk promosi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Konsumen, Strategi pemasaran, Rencana pengembangan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 29 Apr 2024 03:53 | ||
Last Modified: | 29 Apr 2024 03:53 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25183 |
Actions (login required)
View Item |