Meiyanto, Pamuji Eko (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI BLEND SHAPE DALAM PROSES FACIALRIGGING ANIMASI 3 DIMENSI “ADA MADA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (82kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (63kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Artist Source Code - Pamuji Eko Meiyanto.zip Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam proses pemberian atau pemasangan tulang objek wajah karakter 3D (Facial Rigging), kebanyakan teknisi masih menggunakan cara pada umumnya yaitu membuat beberapa titik tulang pada wajah karakter 3D. Cara tersebut membuat proses pengerjaan rigging pada wajah menjadi lama Ketika harus memberi tulang pada beberapa titik wajah, sampai ke ketahap pemberian pembobotan (weighting), misalnya untuk membuat tulang wajah di perlukan beberapa titik seperti mulut, pipi, hidung, rahang, alis, hinggal kelopak mata. Saat ini beberapa perangkat lunak untuk membuat rigging sudah memiliki pembaruan alat untuk membantu dalam proses pembuatan facial rigging, salah satu nya yaitu Blend Shape yang terintegrasi pada Autodesk MAYA. Tugas akhir ini difokuskan pada pembuatan wajah karakter 3 dimensi (Mada si tarantula) yang di buat dengan menggunakan Blend Shape. Blend Shape di gunakan untuk mengubah mesh yang dapat di manipulasi dalam attribute editor. Tahap dalam mengerjakan tugas akhir ini di mulai dari identifikasi masalah, analisis dan perancangan, implementasi, kemudian di lakukan pengujian pada fungsi yang di buat dengan menggunakan Blend Shape untuk memperoleh kesimpulan apakah fungsi tersebut memberikan hasih efisiensi pada karakter 3D atau tidak. Hasil akhir tugas akhir ini adalah suatu fungsi dalam pembuatan wajah karakter 3D Mada si tarantula yang dibuat dengan menggunakan Blend Shape serta efisiensi dari proses facial rigging pada karakter 3D Tarantula.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Facial Rigging, Blend Shape, Animasi 3D | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 29 Apr 2024 03:03 | ||
Last Modified: | 29 Apr 2024 03:03 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25154 |
Actions (login required)
View Item |