{SKEMA ARTIS AUDIO VISUAL CONTENT CREATOR} MODEL PERSUASI “FEAR APPEAL” DALAM NASKAH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT: “CIPTAKAN MASA DEPAN TANPA COVID-19”

Fadilla, Khoirunisa Nur (2024) {SKEMA ARTIS AUDIO VISUAL CONTENT CREATOR} MODEL PERSUASI “FEAR APPEAL” DALAM NASKAH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT: “CIPTAKAN MASA DEPAN TANPA COVID-19”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (825kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Skema Artist - Publikasi - Khoirunisa Nur Fadilla.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)

Abstract

Laporan ini membahas mengenai model persuasi Extended Parallel Process Model dengan pendekatan fear appeal dalam naskah iklan layanan masyarakat yang berjudul “Ciptakan Masa Depan Tanpa Covid-19”. Iklan layanan masyarakat merupakan salah satu komponen penting dalam komunikasi persuasif yang memuat pesan persuasi dalam ranah sosial dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, rasa peduli, serta kesadaran diri (awareness). Fokus dan tujuan laporan ini adalah bagaimana konsep dan pendekatan fear appeal dalam naskah iklan layanan masyarakat berjudul “Ciptakan Masa Depan Tanpa Covid-19” dibentuk. Teori yang digunakan dalam laporan ini adalah model persuasi Extended Parallel Process Model yang dipelopori oleh Kim Witte dengan Pendekatan Fear Appeal (Rasa Takut) di dalamnya yang memuat beberapa aspek yaitu Ancaman, Efikasi, dan Respon. Format konten pada laporan ini adalah iklan layanan masyarakat yang diunggah melalui Youtube dan Google Drive dengan durasi 1 menit. Target dari iklan layanan masyarakat ini yaitu mahasiswa yang masih menetap di perantauan serta mahasiswa yang kurang menaati protokol kesehatan. Hasil dari laporan ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan fear appeal dalam iklan ini tidak begitu kuat dan bukan merupakan konsep utama melainkan sebagai bentuk himbauan mengenai protokol kesehatan 5M serta pengantar (bridging) dalam naskah.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ajibulloh, Alvian Alrasid
Uncontrolled Keywords: Iklan Layanan Masyarakat, Rasa takut, Covid-19, Komunikasi Persuasive, Naskah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:51
Last Modified: 29 Apr 2024 02:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25146

Actions (login required)

View Item View Item