MAKNA PESAN VERBAL DAN NON-VERBAL DALAM IKLAN SHAMPOO LIFEBUOY “BERBAGI KEBAIKAN” (SEMIOTIK FERDINAND DE SAUSSURE)

Werdiningrum, Anggi Nurul (2024) MAKNA PESAN VERBAL DAN NON-VERBAL DALAM IKLAN SHAMPOO LIFEBUOY “BERBAGI KEBAIKAN” (SEMIOTIK FERDINAND DE SAUSSURE). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (589kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengungkap makna pesan verbal dan non-verbal dalam iklan shampoo Lifebuoy 2022 dengan menggunakan jenis penelitian semiotik Ferdinand De Saussure dan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan paradigma penelitian kontruktivistik dan dianalisa dengan teori Ferdinand De Saussure berdasarkan tanda (sign), penanda (signifier) dan petanda (signified). Hasil analisis menunjukkan bahwa pesan verbal dalam iklan Shampoo Lifebuoy “Berbagi Kebaikan” mampu menyampaikan pesan positif tentang kepedulian sesama, terutama dalam konteks donasi rambut untuk penderita kanker. Namun, terdapat juga pesan negatif yang terkandung dalam iklan tersebut, seperti ketidaksesuaian antara pesan verbal dan non-verbal, serta kurangnya sopan santun terhadap orang yang lebih dewasa. Studi ini memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai kompleksitas pesan verbal dan non-verbal dalam iklan Lifebuoy shampoo “berbagi kebaikan” saling berhubungan dalam menentukan tanda positif dan negatif yang ada didalamnya, serta relevansinya dalam konteks komunikasi visual. Selain itu pendekatan semiotik Ferdinand De Saussure terbukti relevan dalam menganlisis makna pesan dalam menganalisis iklan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudhistira, Nurfian
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Ferdinand De Saussure, Iklan Shampoo Lifebuoy
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Apr 2024 01:19
Last Modified: 29 Apr 2024 01:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25112

Actions (login required)

View Item View Item