Werdiningrum, Anggi Nurul (2024) MAKNA PESAN VERBAL DAN NON-VERBAL DALAM IKLAN SHAMPOO LIFEBUOY “BERBAGI KEBAIKAN” (SEMIOTIK FERDINAND DE SAUSSURE). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (589kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (296kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (119kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengungkap makna pesan verbal dan non-verbal dalam iklan shampoo Lifebuoy 2022 dengan menggunakan jenis penelitian semiotik Ferdinand De Saussure dan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan paradigma penelitian kontruktivistik dan dianalisa dengan teori Ferdinand De Saussure berdasarkan tanda (sign), penanda (signifier) dan petanda (signified). Hasil analisis menunjukkan bahwa pesan verbal dalam iklan Shampoo Lifebuoy “Berbagi Kebaikan” mampu menyampaikan pesan positif tentang kepedulian sesama, terutama dalam konteks donasi rambut untuk penderita kanker. Namun, terdapat juga pesan negatif yang terkandung dalam iklan tersebut, seperti ketidaksesuaian antara pesan verbal dan non-verbal, serta kurangnya sopan santun terhadap orang yang lebih dewasa. Studi ini memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai kompleksitas pesan verbal dan non-verbal dalam iklan Lifebuoy shampoo “berbagi kebaikan” saling berhubungan dalam menentukan tanda positif dan negatif yang ada didalamnya, serta relevansinya dalam konteks komunikasi visual. Selain itu pendekatan semiotik Ferdinand De Saussure terbukti relevan dalam menganlisis makna pesan dalam menganalisis iklan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Ferdinand De Saussure, Iklan Shampoo Lifebuoy | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 29 Apr 2024 01:19 | ||
Last Modified: | 29 Apr 2024 01:19 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25112 |
Actions (login required)
View Item |