HAMBATAN KOMUNIKASI ANTARA PEDAGANG DAN PEMBELI DALAM PROSES TRANSAKSI DIGITAL DI PASAR PRAWIROTAMAN YOGYAKARTA (Studi Kasus terhadap Pedagang dan Pembeli dalam Proses Transaksi Digital QRIS di Pasar Prawirotaman Yogyakarta Periode 2023)

Narastuti, Wijareni (2024) HAMBATAN KOMUNIKASI ANTARA PEDAGANG DAN PEMBELI DALAM PROSES TRANSAKSI DIGITAL DI PASAR PRAWIROTAMAN YOGYAKARTA (Studi Kasus terhadap Pedagang dan Pembeli dalam Proses Transaksi Digital QRIS di Pasar Prawirotaman Yogyakarta Periode 2023). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)

Abstract

Pasar Prawirotaman Yogyakarta telah resmi melakukan revitalisasi dari pasar tradisional menjadi pasar digital baik dari segi bangunan, fasilitas, penyempurnaan secara fisik sarana dan prasarana ekonomi dan resmi menjadi pasar digital pertama di Yogyakarta yang menyediakan fasilitas sistem transaksi digital atau pembayaran non tunai menggunakan QRIS didukung oleh Bank BPD DIY. Namun, pedagang dan pembeli mengalami hambatan komunikasi sehingga transaksi digital QRIS belum terlaksana dengan maksimal. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengangkat penelitian tentang Hambatan Komunikasi antara Pedagang dan Pembeli dalam Proses Transaksi Digital di Pasar Prawirotaman Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran hambatan komunikasi yang dialami antara pedagang dengan pembeli pada proses transaksi digital QRIS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus dan memfokuskan pada bagaimana hambatan komunikasi Joseph A. DeVito. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Hambatan Komunikasi antara Pedagang dan Pembeli dalam Proses Transaksi Digital di Pasar Prawirotaman Yogyakarta adalah hambatan fisik, hambatan psikologis, hambatan semantik dan hambatan fisiologis.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Alibulloh, Alvian Alrasid
Uncontrolled Keywords: Hambatan Komunikasi, Pasar Prawirotaman Yogyakarta, Transaksi Digital, QRIS
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:56
Last Modified: 26 Apr 2024 06:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25061

Actions (login required)

View Item View Item