Narastuti, Wijareni (2024) HAMBATAN KOMUNIKASI ANTARA PEDAGANG DAN PEMBELI DALAM PROSES TRANSAKSI DIGITAL DI PASAR PRAWIROTAMAN YOGYAKARTA (Studi Kasus terhadap Pedagang dan Pembeli dalam Proses Transaksi Digital QRIS di Pasar Prawirotaman Yogyakarta Periode 2023). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (383kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (119kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
Abstract
Pasar Prawirotaman Yogyakarta telah resmi melakukan revitalisasi dari pasar tradisional menjadi pasar digital baik dari segi bangunan, fasilitas, penyempurnaan secara fisik sarana dan prasarana ekonomi dan resmi menjadi pasar digital pertama di Yogyakarta yang menyediakan fasilitas sistem transaksi digital atau pembayaran non tunai menggunakan QRIS didukung oleh Bank BPD DIY. Namun, pedagang dan pembeli mengalami hambatan komunikasi sehingga transaksi digital QRIS belum terlaksana dengan maksimal. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengangkat penelitian tentang Hambatan Komunikasi antara Pedagang dan Pembeli dalam Proses Transaksi Digital di Pasar Prawirotaman Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran hambatan komunikasi yang dialami antara pedagang dengan pembeli pada proses transaksi digital QRIS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus dan memfokuskan pada bagaimana hambatan komunikasi Joseph A. DeVito. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Hambatan Komunikasi antara Pedagang dan Pembeli dalam Proses Transaksi Digital di Pasar Prawirotaman Yogyakarta adalah hambatan fisik, hambatan psikologis, hambatan semantik dan hambatan fisiologis.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Hambatan Komunikasi, Pasar Prawirotaman Yogyakarta, Transaksi Digital, QRIS | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Apr 2024 06:56 | ||
Last Modified: | 26 Apr 2024 06:56 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25061 |
Actions (login required)
View Item |