Setyawan, Rossi Andy (2024) {SKEMA ARTIST}IMPLEMENTASI TEORI PRINSIP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PADA THUMBNAIL VIDEO YOUTUBE RADIO MQFM JOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Jalur Skema Artist - Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
Abstract
Desain komunikasi visual adalah proses perancangan komunikasi dengan media visual atau yang bisa dilihat oleh mata. Salah satu penerapan desain komunikasi visual pada media digital adalah thumbnail atau sampul. Thumbnail adalah sebuah gambar yang digunakan sebagai sampul pada sebuah video. pada umumnya thumbnail digunakan di media sosial seperti Youtube. Pada penelitian ini penulis membuat sebuah karya visual berupa thumbnail video Youtube pada Radio MQFM Jogja. Karya yang penulis buat berjumlah tiga karya dengan format konten desain visual dan dipublikasikan pada media digital Youtube. Teori yang digunakan penulis dalam membuat karya ini adalah teori prinsip desain komunikasi visual. Teori prinsip desain komunikasi visual merupakan kaidah atau aturan yang digunakan dalam membuat karya visual agar karya tersebut dapat dengan maksimal menyampaikan pesannya serta terlihat harmonis. Hasil dari penerapan lima prinsip teori tersebut adalah prinsip kesatuan memberi efek elemen yang saling bersatu dan saling mendukung, prinsip keseimbangan memberi efek seimbang pada dari segi tata letak komposisi, prinsip irama memberi efek desain yang berirama dan tidak membosankan, prinsip penekanan memberi efek menekankan elemen utama agar mudah dalam penyampaian pesan, dan prinsip proporsi memberi efek mengatur ukuran dari setiap elemen agar nyaman dilihat mata dan tidak terlihat aneh. Dari penerapan kelima prinsip tersebut membuat efektif dalam penyampaian pesan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Desain Komunikasi Visual, Thumbnail Youtube, Prinsip Desain Komunikasi Visual | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Apr 2024 04:18 | ||
Last Modified: | 25 Apr 2024 04:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24914 |
Actions (login required)
View Item |