Syakur, Abdu (2024) PEMANFAATAN MARKETPLACE SHOPEE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE UMKM UNDANGIN.YK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (377kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (100kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan dalam dunia bisnis, khususnya dalam ranah pemasaran yang semakin beralih ke platform online. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan bagaimana UMKM Undangin.YK memanfaatkan marketplace Shopee sebagai media komunika si pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui analisis bauran pemasaran menggunakan konsep 9P product, price, place, promotion, process, people, physical evidence, payment, dan packaging. Product, Undangin.YK menjual berbagai macam jenis undangan dengan beragam desain. Price, menetapkan kebijakan dalam penentuan harga yaitu dengan menetapkan harga sedikit dibawah rata-rata penjual lain dengan mempertimbangkan kompetitor di Shopee. Place, pihak pemberi jasa dan pelanggan tidak bertemu secara langsung atau melalui marketplace Shopee saja untuk meminimalisir pengeluaran. Promotion, memanfaatkan fitur 7 dari 9 fitur yang disediakan Shopee sebagai penunjang komunikasi pemasarannya meliputi fitur promo toko untuk memberikan potongan harga yang menarik minat pelanggan, voucher ikuti toko untuk menarik pengikut baru , program star+ untuk memperoleh kepercayaan pelanggan , iklan Shopee untuk meningkatkan visibilitas produk dan toko, fitur chat penjual untuk memberikan pelayanan sebelum maupun setelah pembelian, fitur Shopee video untuk mengenalkan produk melalui video dan fitur Shopee live untuk mengenalkan produk serta berinteraksi kepada penonton secara real-time. Process, tahap distribusi produk melalui fitur chat penjual untuk menginformasikan produk dan pemahaman berapa lama proses pengerjaan serta bonus yang didapat. People, membagi tugas sesuai dengan keahlian masing-masing untuk menjaga kelancaran produksi dan meningka tka n kualitas pelayanan. Physical evidence, bukti fisik melalui penggunaan fitur live Shopee Undangin.YK untuk mengenalkan produk dan berinteraksi secara langsung. Payment, menyediakan semua metode pembayaran yang ada di Shopee untuk memudahkan dan menciptakan pengalaman positif pelanggan. Packaging, kemanan produk mendapatkan perhatian khusus untuk melindungi produk pesanan saat proses pengiriman agar tidak terjadi kerusakan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Marketplace, Komunikasi Pemasaran, Shopee, Undangin.YK | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Apr 2024 03:11 | ||
Last Modified: | 25 Apr 2024 03:11 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24891 |
Actions (login required)
View Item |