Saputra, Aditya Humandhika Ozi (2023) PERANCANGAN GAME "FIGHT THE DENGUE" BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 UNTUK EDUKASI PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (810kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (64kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (263kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Aditya Humandhika.zip Restricted to Repository staff only Download (41MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
Abstract
Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat nyamuk Aedes aegypti. Penyakit akibat infeksi virus dengue yang di bawa oleh nyamuk Aedes aegypti mengakibatkan penderitannya mengalami nyeri pada kepala, nyeri pada tulang dan persendian, demam tinggi, hingga bisa berpotensi menyebabkan kematian. Di indonesia sendiri, kasus DBD pada periode jamari- juli 2023, sebanyak 42.690 orang terinfeksi dan 317 orang meninggal. Dari permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi tentang pencegahan Demam Berdarah Dengue yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti terutama kepada kalangan anak-anak dan remaja. Di tengah penggunaan smartphone yang semakin meningkat, platfrom game menjadi salah satu sarana edukasi dan hiburan yang mudah untuk di terima semua kalangan. Oleh karena itu dibuatlah game "Fight The Dengue" untuk mengedukasi tentang pencegahan Demam Berdarah Dengue dengan membasmi penyebab dari penyakit tersebut yaitu nyamuk Aedes aegypti, Game ini di rancang menggunakan Construct 2 berbasis android. Metode yang digunakan dalam perancangan game "Fight The Dengue" adalah metode Game Development Life Cycle (GDLC). Merupakan sebuah metode yang menangani pengembangan game yang dimulai dari titik awal hingga paling akhir. Metode ini membantu merancang. mengembangkan, dan mengevaluasi proses pembuatan game. Hasil dari pengujian yang dilakukan kepada 40 responden anak-anak dan remaja dengan mencoba memainkan game dan mengisi kuesioner, menunjukan nilai 84,5% setuju dengan gameplay permainan, edukasi, dan kelayakan game untuk dimainkan. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan edukasi kepada semua kalangan terutama anak-anak dan remaja untuk lebih waspada terhadap serangan nyamuk Aedes aegypti yang menyebabkan Demam Berdarah. Membantu menyampaikan, informasi tentang pencegahan DBD dan bahaya nyamuk aedes aegypti melalui game yang mudah dan menyenangkan untuk dimainkan
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | DBD, Game, Construct 2. Aedes aegypti. GDLC AA | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 24 Apr 2024 08:05 | ||
Last Modified: | 24 Apr 2024 08:05 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24832 |
Actions (login required)
View Item |