REPRESENTASI KESENJANGAN SOSIAL DI KOREA SELATAN (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM FILM SQUID GAME)

Duhita, Raden Rara Nadinda Lituhayu Ratna (2022) REPRESENTASI KESENJANGAN SOSIAL DI KOREA SELATAN (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM FILM SQUID GAME). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (537kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Film dapat dikatakan sebagai gambaran kehidupan nyata memiliki makna tersirat dibalik adegan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi kesenjangan sosial dalam Film Squid Game. Squid Game merupakan serial tentang petualangan misterius melalui adrenalin permainan masa kecil yang mematikan. Squid Game menggambarkan tentang kehidupan Seong Gi-Hun, Cho Sang Woo, dan 454 orang yang terlilit hutang dan sulit untuk membayarnya. Mereka dipertemukan dalam permainan masa kecil untuk memperebutkan 45,6 Miliar Won atau setara dengan Rp. 550,1 Miliar. Peserta harus melalui enam permainan dimulai dari Lampu Merah Lampu Hijau, Gulali, Tarik Tambang, Kelereng, Engklek, dan terakhir Gobak Sodor. Jika mereka kalah maka dibunuh ditempat. Ketidakadilan berupa kriminalitas timbul akibat ketidakpuasan baik secara personal antar kaum penguasa dan kaum bawah. Kesenjangan sosial menjadi problematika sehingga peneliti menggunakan paradigma kritis dengan teori konstruksi sosial emosi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis wacana kritis semiotika Charles Sanders Peirce yang terdiri atas sign, object, dan interpretant.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rhizky, Deani Prionazvi
Uncontrolled Keywords: Squid Game, Film, Representasi, Semiotika, Analisis
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 770 Seni fotografi, komputer, dan sinematografi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:51
Last Modified: 21 Aug 2023 06:08
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item