Duhita, Raden Rara Nadinda Lituhayu Ratna (2022) REPRESENTASI KESENJANGAN SOSIAL DI KOREA SELATAN (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM FILM SQUID GAME). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (537kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (315kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (119kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
Abstract
Film dapat dikatakan sebagai gambaran kehidupan nyata memiliki makna tersirat dibalik adegan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi kesenjangan sosial dalam Film Squid Game. Squid Game merupakan serial tentang petualangan misterius melalui adrenalin permainan masa kecil yang mematikan. Squid Game menggambarkan tentang kehidupan Seong Gi-Hun, Cho Sang Woo, dan 454 orang yang terlilit hutang dan sulit untuk membayarnya. Mereka dipertemukan dalam permainan masa kecil untuk memperebutkan 45,6 Miliar Won atau setara dengan Rp. 550,1 Miliar. Peserta harus melalui enam permainan dimulai dari Lampu Merah Lampu Hijau, Gulali, Tarik Tambang, Kelereng, Engklek, dan terakhir Gobak Sodor. Jika mereka kalah maka dibunuh ditempat. Ketidakadilan berupa kriminalitas timbul akibat ketidakpuasan baik secara personal antar kaum penguasa dan kaum bawah. Kesenjangan sosial menjadi problematika sehingga peneliti menggunakan paradigma kritis dengan teori konstruksi sosial emosi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis wacana kritis semiotika Charles Sanders Peirce yang terdiri atas sign, object, dan interpretant.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Squid Game, Film, Representasi, Semiotika, Analisis | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 770 Seni fotografi, komputer, dan sinematografi |
||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Jun 2022 02:51 | ||
Last Modified: | 21 Aug 2023 06:08 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/245 |
Actions (login required)
View Item |