STRATEGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD N PERCOBAAN 4 KULON PROGO

Kurnia, Raden Zulfi Tsaltsa (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD N PERCOBAAN 4 KULON PROGO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (705kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
fiks - Publikasi-18.96.0544-Raden Zulfi Tsaltsa Kurnia - R Zulfi Tsaltsa Kurnia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)

Abstract

Pada tahun 2020 dunia sedang diramaikan oleh wabah virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pemerintah Indonesia kemudian mengeluarkan kebijakan protokol kesehatan untuk mengatasi pandemi Covid-19. Berbagai sektor di Indonesia mengalami penurunan termasuk sektor pendidikan dikarenakan pembelajaran dilakukan secara dalam jaringan. Pada tahun 2021, Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang berisi tentang panduan kegiatan pendidikan yang dapat berjalan tatap muka kembali dengan ketentuan protokol kesehatan. Proses belajar mengajar tentunya membutuhkan komunikasi yang tepat dan efisien. Komunikasi dalam pendidikan memiliki peranan yang sangat penting karena menentukan keberhasilan pendidikan dan menentukan tinggi rendahnya suatu pencapaian mutu pendidikan. Hal ini menjadi peluang guru untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang menurun dikarenakan pandemi Covid-19. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat menentukan bagaimana strategi komunikasi yang baik dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan efektifitas pendidikan salah satunya di SD Negeri Percobaan 4 Kulon Progo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori komunikasi Harold Laswell untuk memandu penulis dalam menyajikan data yang telah diperoleh. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara dengan guru SD Negeri Percobaan 4 Kulon Progo dan dokumentasi buku-buku penunjang penelitian serta bahan lainnya yang sesuai dengan kajian penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisa sesuai tujuan penelitian yang ingin dicapai. Hasil dari penelitian ini adalah guru di SD Negeri Percobaan 4 Kulon Progo menggunakan kurikulum khusus yang lebih ringan, menggunakan Power Point, dan menggunakan teknik ice breaking agar dapat meningkatkan daya konsentrasi siswa.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Junaidi
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Pendidikan, Pembelajaran.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:44
Last Modified: 21 Aug 2023 06:06
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item