Firdaus, Fathan (2023) PEMBUATAN GAME EDUKASI TEBAK PAHLAWAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (121kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (888kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (35kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Fathan Firdaus.zip Restricted to Repository staff only Download (128MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi di sektor permainan kini tidak hanya sebagai media hiburan namun juga dapat dijadikan sebagai media edukasi atau pembelajaran yang lebih interaktif bagi kalangan anak-anak hingga dewasa. Dilain sisi minat belajar pelajar terhadap pelajaran sejarah di sekolah termasuk rendah padahal pelajaran sejarah sangatlah penting dalam kehidupan karena selain mengambil nilai-nilai dari kejadian masa lampau, mempelajari sejarah juga merupakan bentuk dari penghormatan para pejuang yang telah gugur dalam merebutkan kembali kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk pembuatan game edukasi yang berjudul Tebak Pahlawan menggunakan metode MDA Framework dan Unity yang mana nantinya akan digunakan untuk melakukan pengujian terhadap anak murid didik yang duduk di bangku SD kelas 4-5. Penelitian ini menggunakan metode pengujian SUS (System Usability Scale) untuk mendapatkan SUS Score dan mendapat kesimpulan mengenai minat belajar murid tentang sejarah pahlawan menggunakan media permainan Tebak Pahlawan. Hasil dari penelitian menggunakan pengujian SUS Score setelah dilakukan perhitungan menunjukkan skor akhir berada di angka 70,4 yang mana berdasarkan adjective ratings berada pada kategori GOOD dengan grade scale C, artinya permainan Tebak Pahlawan dapat diterima oleh responden atau murid didik yang duduk di bangku SD atau sekolah dasar. Selain itu hasil penelitian ini juga mendapatkan saran dari guru sekolah dasar bahwa permainan dapat ditambahkan materi baru seperti terkait dengan daerah dakwah Walisongo.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Unity, SUS, Tebak Pahlawan, Media Edukasi, MDA Framework | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Feb 2024 03:19 | ||
Last Modified: | 21 Feb 2024 03:19 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23920 |
Actions (login required)
View Item |