PEMBUATAN GAME EDUKASI TEBAK PAHLAWAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY

Firdaus, Fathan (2023) PEMBUATAN GAME EDUKASI TEBAK PAHLAWAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Fathan Firdaus.zip
Restricted to Repository staff only

Download (128MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di sektor permainan kini tidak hanya sebagai media hiburan namun juga dapat dijadikan sebagai media edukasi atau pembelajaran yang lebih interaktif bagi kalangan anak-anak hingga dewasa. Dilain sisi minat belajar pelajar terhadap pelajaran sejarah di sekolah termasuk rendah padahal pelajaran sejarah sangatlah penting dalam kehidupan karena selain mengambil nilai-nilai dari kejadian masa lampau, mempelajari sejarah juga merupakan bentuk dari penghormatan para pejuang yang telah gugur dalam merebutkan kembali kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk pembuatan game edukasi yang berjudul Tebak Pahlawan menggunakan metode MDA Framework dan Unity yang mana nantinya akan digunakan untuk melakukan pengujian terhadap anak murid didik yang duduk di bangku SD kelas 4-5. Penelitian ini menggunakan metode pengujian SUS (System Usability Scale) untuk mendapatkan SUS Score dan mendapat kesimpulan mengenai minat belajar murid tentang sejarah pahlawan menggunakan media permainan Tebak Pahlawan. Hasil dari penelitian menggunakan pengujian SUS Score setelah dilakukan perhitungan menunjukkan skor akhir berada di angka 70,4 yang mana berdasarkan adjective ratings berada pada kategori GOOD dengan grade scale C, artinya permainan Tebak Pahlawan dapat diterima oleh responden atau murid didik yang duduk di bangku SD atau sekolah dasar. Selain itu hasil penelitian ini juga mendapatkan saran dari guru sekolah dasar bahwa permainan dapat ditambahkan materi baru seperti terkait dengan daerah dakwah Walisongo.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rizky, Rizky
Uncontrolled Keywords: Unity, SUS, Tebak Pahlawan, Media Edukasi, MDA Framework
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:19
Last Modified: 21 Feb 2024 03:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23920

Actions (login required)

View Item View Item