PENGUKURAN PENGALAMAN PENGGUNA WEBSITE LELANG ONLINE MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

Wijaya, Maulana Yogma (2020) PENGUKURAN PENGALAMAN PENGGUNA WEBSITE LELANG ONLINE MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (998kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA- LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9462-Maulana Yogma Wijaya - Maulana Yogma Wijaya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Aktivitas lelang memiliki serangkaian aturan yang unik, tidak seperti aktivitas transaksi lainya. Seiring dengan perkembangan teknologi, aktivitas lelang juga mengalami kemajuan berupa munculnya website lelang online. Website lelang online tidak terlepas dari interaksi manusia-komputer yang mengasilkan pengalaman pengguna (user experience). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai tingkat pengalaman pengguna website lelang online. Penelitian menggunakan data kuantitatif yang telah diperoleh dengan penyebarkan daftar pertanyaan kepada para responden yang merupakan pengguna pertama website Lelang Indonesia. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah User Experience Questionnaire (UEQ). Terdapat enam skala pengukuran yang digunakan, yaitu daya tarik (attractiveness), kejelasan (perspicuity), efisiensi (efficiency), keandalan (dependability), stimulasi (stimulation), pembaruan (novelty). Hasil pengukuran menunjukkan skala daya tarik (attractiveness) sebesar 1,397, kejelasan (perspicuity) sebesar 1,714, efisiensi (efficiency) sebesar 1,726, ketepatan (dependability) sebesar 1,214, dan stimulasi (stimulation) sebesar 1,202 menunjukkan bahwa ke 5 skala tersebut berada pada zona positif, sedangkan skala kebaruan (novelty) berada pada zona netral sebesar 0,548. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk mengoptimalkan perancangan maupun pengembangan website lelang online.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setyanto, Arief
Uncontrolled Keywords: lelang online, pengalaman pengguna, User Experience Questionnaire
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:57
Last Modified: 16 Aug 2023 02:04
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2389

Actions (login required)

View Item View Item