Dewanthara, Evan Putra (2020) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA KATALOG PRODUK ASRAM FURNITURE YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (656kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (57kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
ARCatalogue - Evan Putra Dewanthara.apk Restricted to Repository staff only Download (39MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-15.61.0047-Evan Putra Dewanthara_Eng - Evan Putra Dewanthara.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
Abstract
Augmented Reality adalah teknologi yang digunakan untuk menggabungkan objek atau lingkungan virtual dengan dunia nyata, yang bisa digunakan pada berbagai platform salah satunya adalah android. Teknologi Augmented Reality juga bisa diterapkan pada berbagai bidang, salah satunya adalah bidang arsitektur dan konstruksi. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality pada katalog produk furniture yang mempunyai aspek interaktivitas sehingga pengguna dapat melihat produk dari segala sisi dan bisa mendapatkan informasi lebih detail terkait produk yang dipilih. Dalam industri produksi interior masih banyak pelaku industri yang masih menggunakan media brosur atau katalog untuk merepresentasikan produk mereka, media tersebut hanya menyediakan gambar, deskripsi singkat, dan harga produk, hal ini membatasi pelanggan untuk memdapatkan informasi lebih dari produk. Dengan adanya masalah tersebut maka penulis mengusulkan untuk mengimplementasikan teknologi Augmented Reality dengan menggunakan platform android untuk membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi yang lebih detail terkait produk yang di tawarkan. Dengan menggunakan Augmented Reality pelanggan dapat melakukan simulasi dengan meletakkan model 3D produk pada ruangan model 3D dapat dirotasi, diperbesar, dan digeser sesuai keinginan pengguna, aplikasi juga dapat menampilkan luas, dimensi, dan kapasitas produk yang dipilih pengguna. Penulis menggunakan Blender 2.81a untuk merancang model 3D produk, Adobe Photoshop CC 2019, Adobe Illustrator CC 2019 untuk merancang interface aplikasi dan Unity 2019. 3.0f6 dengan plugin ARCore untuk merakit dan melakukan proses build dan compile aplikasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, ARCore, Unity, Blender, 3D, Android, Katalog, Media Promosi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 23 Jun 2022 06:43 | ||
Last Modified: | 16 Aug 2023 01:57 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2374 |
Actions (login required)
View Item |