Rohman, Alam Fatkhur (2012) APLIKASI AKSARA JAWA BERBASIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PLATFORM APLIKASI MOBILE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (649kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (945kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_08.12.3329 Alam Fatkhur Rohman.zip Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_08.12.3329.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
Abstract
Latar belakang dari pembuatan aplikasi Mengenal Huruf Aksara Jawa ini dikarenakan masih kurangnya media pembelajaran berbasis mobile yang dapat dibawa kemana-mana dan dapat digunakan kapan saja. Kebanyakan konten yang beredar di pasaran masih didominasi konten hiburan yang memiliki aspek pendidikan yang kurang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah membuat mobile applications untuk aplikasi pengenalan aksara jawa yang nantinya dapat diterapkan pada dunia pendidikan serta membantu dalam upaya pelestarian kebudayaan daerah. Teknik pengumpulan data meliputi studi literatur yaitu pengambilan data dengan browsing internet yaitu dengan mengunjungi situs-situs web yang berhubungan dengan materi aksara jawa dan dengan cara mempelajari atau membaca buku-buku literatur untuk digunakan sebagai referensi. Uji coba sistem dilakukan dengan cara menguji kesesuaian struktur link/menu dengan menekan tombol dan melihat hasilnya langsung. Pemeliharaan sistem juga dilakukan agar sistem dapat berlangsung lama dan untuk menghindari terjadinya eror sistem. Aplikasi Mengenal Huruf Aksara Jawa ini dibuat dalam bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan teks, gambar, dan animasi. Program aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Adobe Flash CS3 yang merupakan software pembuatan animasi 2D. Dengan fasilitas-fasilitas yang dimiliki ini, menjadikan program aplikasi ini dapat digunakan sebagai sumber belajar dan informasi yang menarik. Dari pembuatan aplikasi ini, hasilnya diharapkan dapat membantu para pelajar maupun masyarakat untuk mempelajari tentang pengenalan huruf aksara jawa dan para pengguna aplikasi ini dapat lebih memahami isi dari informasi yang disediakan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Mobile Application, Aksara Jawa, Multimedia, Aplikasi Mengenal Huruf Aksara Jawa. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Jan 2024 04:12 | ||
Last Modified: | 10 Jan 2024 04:12 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23545 |
Actions (login required)
View Item |