APLIKASI AKSARA JAWA BERBASIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PLATFORM APLIKASI MOBILE

Rohman, Alam Fatkhur (2012) APLIKASI AKSARA JAWA BERBASIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PLATFORM APLIKASI MOBILE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (649kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_08.12.3329 Alam Fatkhur Rohman.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_08.12.3329.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)

Abstract

Latar belakang dari pembuatan aplikasi Mengenal Huruf Aksara Jawa ini dikarenakan masih kurangnya media pembelajaran berbasis mobile yang dapat dibawa kemana-mana dan dapat digunakan kapan saja. Kebanyakan konten yang beredar di pasaran masih didominasi konten hiburan yang memiliki aspek pendidikan yang kurang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah membuat mobile applications untuk aplikasi pengenalan aksara jawa yang nantinya dapat diterapkan pada dunia pendidikan serta membantu dalam upaya pelestarian kebudayaan daerah. Teknik pengumpulan data meliputi studi literatur yaitu pengambilan data dengan browsing internet yaitu dengan mengunjungi situs-situs web yang berhubungan dengan materi aksara jawa dan dengan cara mempelajari atau membaca buku-buku literatur untuk digunakan sebagai referensi. Uji coba sistem dilakukan dengan cara menguji kesesuaian struktur link/menu dengan menekan tombol dan melihat hasilnya langsung. Pemeliharaan sistem juga dilakukan agar sistem dapat berlangsung lama dan untuk menghindari terjadinya eror sistem. Aplikasi Mengenal Huruf Aksara Jawa ini dibuat dalam bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan teks, gambar, dan animasi. Program aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Adobe Flash CS3 yang merupakan software pembuatan animasi 2D. Dengan fasilitas-fasilitas yang dimiliki ini, menjadikan program aplikasi ini dapat digunakan sebagai sumber belajar dan informasi yang menarik. Dari pembuatan aplikasi ini, hasilnya diharapkan dapat membantu para pelajar maupun masyarakat untuk mempelajari tentang pengenalan huruf aksara jawa dan para pengguna aplikasi ini dapat lebih memahami isi dari informasi yang disediakan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rudyanto, M.
Uncontrolled Keywords: Mobile Application, Aksara Jawa, Multimedia, Aplikasi Mengenal Huruf Aksara Jawa.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:12
Last Modified: 10 Jan 2024 04:12
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23545

Actions (login required)

View Item View Item