Juwanda, Arif (2023) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PERAN EDITOR VIDEO DALAM PEMBUATAN VIDEO IKLAN SOFT SELLING MINUMAN SO-ZERO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (972kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Skema Artis Content Creator Source Code - Arif Juwanda.zip Restricted to Repository staff only Download (114MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Skema Artis Content Creator Publikasi - Arif Juwanda.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
Abstract
Budaya Korea yang memiliki pengaruh kuat terhadap aspek kehidupan masyarakat mulai dari selera musik, fashion, makanan, film atau drama Korea yang menyebabkan sebagian masyarakat mengikuti gaya para idolanya. Makanan dan minuman di dalam drama Korea sangat menarik perhatian para remaja untuk mencoba berbagai macam makanan dan minuman yang serupa, salah satunya soju. Tujuan sebuah promosi memperkenalkan suatu produk agar konsumen terpengaruh untuk membeli produk tersebut. Salah satu strateginya yaitu dalam bentuk soft selling sebagai metode iklan pada Mocoffelo. Dalam iklan tersebut tersirat makna di mana seseorang yang kecanduan akan budaya Korea dapat menikmati makanan atau minuman yang sejenis tanpa adanya kandungan alkohol di dalamnya. Hasil akhir dari iklan soft selling yang penulis buat bertujuan untuk mengenalkan produk dari Mocoffelo. Sehingga dalam pembuatan iklan dibutuhkan peran editor sebagai orang yang memiliki tugas dan bertanggung jawab dalam proses pasca-produksi yaitu pengeditan video, peran editor sangat dibutuhkan agar sebuah iklan yang bersangkutan dapat ditampilkan nantinya. Proses editing adalah tahap pemilihan, penyuntingan, serta penyatuan semua bahan yang telah dikumpulkan oleh Videographer agar menjadi sebuah satu kesatuan karya yang dapat dinikmati. Dalam prosesnya, penulis sebagai editor video melalui beberapa proses penting yaitu rough cut dan fine cut serta tahap pemberian visual effect dreamy yang memberikan kesan imajinatif dalam video, sound effect untuk membangkitkan suasana dalam video, transisi yang memberikan perpindahan antar scene menjadi lebih jelas, serta pewarnaan pada gambar agar terlihat lebih berwarna. Semua hal tersebut merupakan hal penting yang terdapat di dalam sebuah video agar pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti dengan baik oleh khalayak umum.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Video iklan, Soft selling, Minuman So-zero | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Jan 2024 01:36 | ||
Last Modified: | 10 Jan 2024 01:36 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |