Majid, Muhammad Arif Kholis (2023) KLASIFIKASI TWEET TENTANG SHOPEEFOOD PADA MEDIA SOSIAL TWITTER BERDASARKAN ANALISIS SENTIMEN DENGAN ALGORITMA NAIVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (873kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Muhammad Arif Kholis Majid.zip Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
Abstract
Shopee adalah salah satu marketplace favorit yang paling digunakan masyarakat Indonesia dengan berbagai promo cashback, gratis ongkir, hingga promo kerjasama dengan instansi lain. Shopee mampu menarik para penjual dan pembeli online untuk bertransaksi disana. Baru - baru ini hadir layanan baru dari shopee yaitu ShopeeFood. Layanan ShopeeFood terbuka bagi para pebisnis kuliner yang ingin menjajakan bisnisnya ke kalangan masyarakat luas. ShopeeFood juga akan memudahkan konsumen untuk bisa mendapatkan produk makanan dan minuman dengan cepat dan tentunya murah. Keberadaan ShopeeFood tentunya sangat membantu para pebisnis kuliner untuk menjajakan makanannya, tentunya yang sangat diharapkan adalah pelayanan yang diberikan. Cara melihat apakah baik atau buruk pelayanannya adalah dengan melihat dari komentar-komentar baik positif maupun negatif atas pelayanan yang sudah diberikan. Keberadaan komentar-komentar inilah yang akan menjadi pertimbangan bagi masyarakat untuk mengambil tindakan, apakah akan mendownload atau melakukan trasaksi di ShopeeFood. Penelitian ini akan memanfaatkan media sosial twitter untuk mencari pendapat tentang ShopeeFood lewat tweet. Tweet yang ada dapat kita rubah menjadi sebuah informasi data. Tweet tersebut nantinya akan dilakukan klasifikasi berdasarkan analisis sentimen menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier. Klasifikasi Tweet tentang Shopeefood pada media sosial Twitter berdasarkan analisis sentimen dengan Algoritma Naive Bayes menghasilkan Precission positif 0,896 dan negative 0,764, Recall positif 0,472 dan negatif 0,969, F1-score positif 0,613 dan negative 0,855, dan akurasi 0,78.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Naïve Bayes Classifier, ShopeeFood, Twitter | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Jan 2024 06:42 | ||
Last Modified: | 09 Jan 2024 06:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23474 |
Actions (login required)
View Item |