{MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI ANIMASI 3D "ROKOM" PADA SCENE DANCE DALAM MV JINGLE "KAMPUS UNGU PILIHANKU"

Cahyainka, Farissa (2023) {MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI ANIMASI 3D "ROKOM" PADA SCENE DANCE DALAM MV JINGLE "KAMPUS UNGU PILIHANKU". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (891kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Non Reguler - Magang Artist Source Code - Farissa Cahyainka.zip
Restricted to Repository staff only

Download (43MB)

Abstract

Iklan animasi memiliki daya tarik tersendiri untuk beberapa penggemar animasi diberbagai usia. Dengan menggunakan animasi, informasi yang disampaikan menjadi sangat menarik oleh audiens. Pada awalnya animasi hanya berupa 2 dimensi dan kini dapat dibuat dalam 3 dimensi. Animasi 2 dimensi hanya dapat bergerak dari sisi x dan y, sedangkan animasi 3 dimensi dapat digerakan pada 3 sisi. Dalam animasi 3 dimensi memiliki tahap animasi yang dibutuhkan untuk pengerjaan suatu project, diantaranya modelling, texturing, rigging, animating dan rendering. Jingle “Kampus Ungu Pilihanku” adalah lagu pendek yang mudah diingat dan bertujuan untuk mengiklankan Universitas Amikom Yogyakarta. Dalam musik video jingle tersebut dibutuhkan karakter 3 dimensi bernama “RoKom” yang akan digunakan sebagai ikon utama sekaligus penari tambahan dalam video. Terdapat scene dance pada bagian reff lagu jingle, sehingga RoKom harus diikutsertakan dalam scene untuk ikut menari. Oleh karena itu, diperlukan 3D animasi pada karakter RoKom tersebut. Proses pembuatan animasi ini menggunakan berbagai aplikasi seperti Autodesk Maya, Blender, Adobe Photoshop 2020, Adobe Premiere 2020, dan Adobe After Effect 2020. Proses animasi pada karakter RoKom dimulai dari pose to pose yang mengambil referensi dari gerakan dance talent, dilanjutkan tahap breakdown, lalu diakhiri dengan tahap delay dan ekspresi. dalam projek ini berhasil menganimasikan gerakan tarian RoKom yang berdurasi 27 detik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah MDLC yang dilakukan dengan wawancara dan observasi, analisis yang meliputi kebutuhan fungsional dan non fungsional, produksi yang meliputi pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Bagian yang diteliti dan dikerjakan oleh dalam projek ini merupakan proses produksi. Lalu dilanjutkan melakukan evaluasi atau pengujian dengan uji validasi ahli dan uji kelayakan industri. Hasil uji yang telah dibahas oleh supervisor dan ahli akan ditindak lanjuti sebagai saran. Iklan animasi memiliki daya tarik tersendiri untuk beberapa penggemar animasi diberbagai usia. Dengan menggunakan animasi, informasi yang disampaikan menjadi sangat menarik oleh audiens. Pada awalnya animasi hanya berupa 2 dimensi dan kini dapat dibuat dalam 3 dimensi. Animasi 2 dimensi hanya dapat bergerak dari sisi x dan y, sedangkan animasi 3 dimensi dapat digerakan pada 3 sisi. Dalam animasi 3 dimensi memiliki tahap animasi yang dibutuhkan untuk pengerjaan suatu project, diantaranya modelling, texturing, rigging, animating dan rendering. Jingle “Kampus Ungu Pilihanku” adalah lagu pendek yang mudah diingat dan bertujuan untuk mengiklankan Universitas Amikom Yogyakarta. Dalam musik video jingle tersebut dibutuhkan karakter 3 dimensi bernama “RoKom” yang akan digunakan sebagai ikon utama sekaligus penari tambahan dalam video. Terdapat scene dance pada bagian reff lagu jingle, sehingga RoKom harus diikutsertakan dalam scene untuk ikut menari. Oleh karena itu, diperlukan 3D animasi pada karakter RoKom tersebut. Proses pembuatan animasi ini menggunakan berbagai aplikasi seperti Autodesk Maya, Blender, Adobe Photoshop 2020, Adobe Premiere 2020, dan Adobe After Effect 2020. Proses animasi pada karakter RoKom dimulai dari pose to pose yang mengambil referensi dari gerakan dance talent, dilanjutkan tahap breakdown, lalu diakhiri dengan tahap delay dan ekspresi. dalam projek ini berhasil menganimasikan gerakan tarian RoKom yang berdurasi 27 detik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah MDLC yang dilakukan dengan wawancara dan observasi, analisis yang meliputi kebutuhan fungsional dan non fungsional, produksi yang meliputi pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Bagian yang diteliti dan dikerjakan oleh dalam projek ini merupakan proses produksi. Lalu dilanjutkan melakukan evaluasi atau pengujian dengan uji validasi ahli dan uji kelayakan industri. Hasil uji yang telah dibahas oleh supervisor dan ahli akan ditindak lanjuti sebagai saran.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: 3 Dimensi, 3D Animasi, Jingle, RoKom. Animasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:17
Last Modified: 05 Jan 2024 04:17
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23281

Actions (login required)

View Item View Item