ANALISIS STRATEGI PELAYANAN DAN KOMUNIKASI DALAM UPAYA MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN DI BANG NAGA BARBERSHOP

Salman, Muhammad Gilang Radifan (2022) ANALISIS STRATEGI PELAYANAN DAN KOMUNIKASI DALAM UPAYA MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN DI BANG NAGA BARBERSHOP. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (560kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
fiks - Publikasi-17.96.0080-Muhammad Gilang Radifan Salman - Muhammad Gilang Radifan Salman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)

Abstract

Pelayanan merupakan salah satu tolak ukur konsumen dalam berlangganan pada suatu jasa atau produk tertentu. Hal ini berdasarkan empat tolak ukur seperi yang dikemukakan Kotler, et al., (1996): keluhan dan saran, ghost shopping, analisa mantan pelanggan, dan survey kepuasan pelanggan. Adanya kombinasi antara kepuasan dan keluhan maka terciptanya suatu komitmen konsumen terhadap produk atau jasa tertentu atau dapat disebut dengan loyalitas. Peneliti menemukan sebuah fenomena barbershop yang berlokasi tak lazim dan waktu operasional yang relatif singkat namun memiliki pelanggan yang sangat loyal. Peneliti kemudian mulai meneliti Bang Naga Barbershop dengan observasi, wawancara pra-reset, dan wawancara mendalam dengan pemilik. Penelitian ini berlandaskan teori personal selling oleh Philip Kotler dan teori pertukaran sosial oleh George C. Homans yang dianalisis menggunakan metode fenomenologi bersudut pandang konstruvis atau interpretatif serta berjenis kualitatif. Hasil temuan menemukan bahwa Bang Naga selaku pemilik menjalin keakraban dengan pelanggan hanya saat pelanggan menggunakan jasa miliknya yang didukung kualitas hasil cukur dan fasilitas barber yang membuat pelanggan menjadi loyal sedangkan bagi pelanggan, Bang Naga mengerti bentuk cukur rambut yang tepat bagi mereka. Berdasarkan hal dapat disimpulkan bahwa fenomena loyalitas di Bang Naga Barbershop berasal dari kepuasan terhadap pelayanan yang menggunakan pendekatan secara personal selling yang menciptakan ketergantungan antara pelanggan dan pelaku usaha. Peneliti melihat potensi yang dapat dikembangkan oleh barber ini dengan mengikuti sporsorship pada event-event tertentu serta untuk penelitian selanjutnya untuk menggunakan teori Relationship Marketing Strategy karena lebih dapat menjelaskan mengenai tahapan merawat hubungan dengan pelanggan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adiyanto, Wiwid
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Personal Selling, Teori Pertukaran Sosial, Fenomenologi , Bang Naga Barbershop
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:28
Last Modified: 21 Aug 2023 03:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item